Awal Puasa Kebutuhan Pokok Naik Drastis

Awal Puasa Kebutuhan Pokok Naik Drastis

Blitar, Bayu TV Nganjuk – Awal puasa harga komoditi sayuran di Pasar Tradisional Kota Blitar naik drastis. Kenaikan berkisar mulai dua ribu hingga lima ribu rupiah. Justru harga bawang putih dan bawang merah pada awal puasa ini mengalami penurunan.

Puasa Ramadhan yang memasuki hari ketiga, harga komoditi sayuran di Pasar Tradisional Kota Blitar melonjak naik. Untuk komoditi sayuran yang mengalami kenaikan seperti cabe, wortel, tomat, brokoli yang mencapai dua ribu hingga lima ribu rupiah perkilonya. Cabe besar yang awalnya 28 ribu rupiah kini naik menjadi 32 ribu perkilonya, wortel dari 8 ribu menjadi 12 ribu rupiah perkilogramnya. Tomat dari 5 ribu menjadi 8 ribu rupiah perkilogram bahkan brokoli yang asalnya 20 ribu kini mencapai 25 ribu rupiah perkilonya. Naiknya harga kebutuhan ini di sebabkan selain musim hujan juga beberapa daerah yang menjadi pemasok kebutuhan bahan pokok dan sayur mayur mulai berkurang. Sementara para pembeli mengeluhkan naiknya harga sayuran di awal puasa ini. Bahkan salah-satu pedagang makanan terpaksa menutup warungnya sejak menjelang puasa karena mahalnya harga sayuran.

Sementara harga bawang putih dan bawang merah ada penurunan harga pada awal puasa ini bawang putih yang awalnya 50 ribu kini hanya 38 ribu rupiah perkilonya. Sedangkan bawang merah dari 22 ribu kini turun menjadi 20 ribu perkilogramnya. Turunnya harga bawang putih dan merah ini dipengaruhi oleh banyaknya pasokan dari para tengkulak ke pasar-pasar tradisional.

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *