Awasi Politik Uang Di Masa Tenang, Bawalu Nganjuk Gelar Apel Akbar Patroli Money Politic

Awasi Politik Uang Di Masa Tenang, Bawalu Nganjuk Gelar Apel Akbar Patroli Money Politic

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Menjelang pemungutan suara pemilu serentak 2019 pada rabu, 17 april 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nganjuk menggelar apel akbar kesiapan pengawas pemilihan umum bersama seluruh jajaran pengawas pemilu se-Kabupaten Nganjuk. Ribuan pengawas pemilu dikerahkan saat masa tenang pemilu 2019, untuk mengantisipasi terjadinya praktik money politics atau politik uang.

Memasuki masa tenang pemilu serentak 2019, Bawaslu Kabupaten Nganjuk bersama Forkopimda Kabupaten Nganjuk menggelar apel akbar patroli pengawasan anti politik uang pada pemilu 2019. Kegiatan apel yang digelar di lapangan Gor Bung Karno, Kelurahan Begadung, Nganjuk tersebut diikuti oleh ribuan anggota pengawas pemilu di kelurahan maupun pengawas pemilu desa serta KPPS dan Panwas kecamatan seluruh Kabupaten Nganjuk.

Mereka akan berpatroli ke beberapa daerah rawan pelanggaran secara intensif, kegiatan patroli money politic ini, bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya praktik money politics atau politik uang di tingkat desa maupun tingkat kecamatan. Sebab selain sebagai pelanggaran, politik uang juga dianggap dapat mencederai marwah pesta demokrasi. Apel tersebut merupakan sebagai wujud tanggung jawab Bawaslu dalam mengawasi dan menegakan keadilan pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nganjuk Abdul Aziz bertindak sebagai inspektur upacara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam masa tenang, tugas Bawaslu lebih berat, karena masa tenang adalah titik yang paling krusial dalam pelaksanaan pemilu serentak. Pasalnya, pada masa tenang ini, rentan digunakan untuk melaksanakan politik uang, baik oleh tim sukses maupun peserta pemilu.

Dalam apel akbar tersebut, hadir antara lain Kapolres Nganjuk Dewa Nanta Wiranta, Dandim 0810 Nganjuk Letkol Kavaleri Joko Wibowo Kasat Pol PP Abdul Wakid, Kajari Nganjuk, Kepala Pengadilan Nganjuk, Ketua DPRD, Santoso dan seluruh pengawas pemilu di kelurahan maupun pengawas pemilu desa serta KPPS dan panwas kecamatan seluruh Kabupaten Nganjuk.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *