Belasan Warga Binaan Dan Relawan Nganjuk Bedah Rumah Warga Miskin

Belasan Warga Binaan Dan Relawan Nganjuk Bedah Rumah Warga Miskin

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Prihatin dengan kondisi rumah milik salah satu warga di Kabupaten Nganjuk yang hampir roboh, belasan warga binaan rutan kelas 2 B dan relawan peduli Nganjuk, terjun langsung untuk melakukan baktisosial bedah rumah. Kegiatan yang melibatkan belasan narapidana dan puluhan relawan ini, diharapkan dapat meringankan beban warga dengan memberikan rumah yang layak huni.

Sedikitnya 13 pasuakan merah putih warga binaan rumah tahanan kelas 2 B Kabupaten Nganjuk diterjunkan, untuk membantu melakukan giat bakti sosial bedah rumah milik tuki astutik, seorang janda warga Dusun Bulurejo Kelurahan Warujayeng Kecamatan Tanjuanganom Nganjuk.

Kegiatan yang menggandeng relawan peduli Nganjuk, Permadani dan KSBN tersebut, dilakukan karena prihatin dengan kondisi rumah yang ditempati warga miskin ini jauh dari kata layak. Rumah yang berdiri dengan lantai tanah ini hanya menggunakan batang dan anyaman bambu saja, luasnya pun hanya 4×7 meter persegi, sementara, atap gentingnya banyak yang bocor jika hujan tiba.

Sebelumnya, Tuki Astutik, ibu dua anak ini hanya tinggal bedua dengan anak laki-laki nya yang sedikit mengalami keterbelakangan mental, sedangkan anak perempuan pertamanya telah menikah dan ikut tinggal di rumah sang suami. Untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, tuki hanya bekerja sebagai buruh cuci di rumah tetangganya, tak jarang ia pun sering mengais padi di sawah. Ia pun mengaku sangat berterimakasih kepada relawan dan warga binaan yang telah sudi membantu membangun rumahnya.

Sementara itu, Kepala Rutan kelas 2 B Nganjuk Diding Alfian menjelaskan, dengan tema pasukan merah putih narapidana Indonesia berbakti untuk negeri ini, selain sebagai bentuk bakti sosial bagi warga yang kurang mampu, kegiatan ini dapat menjadi proses pelatihan dan pembinaan warga binaan sebagai bekal kembali ke masyarakat selepas dari penjara.

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut pihaknya menyertakan sebanyak 13 warga binaan yang telah menjalani minimal setengah masa hukuman. Sebelum diperbolehkan turun ke lapangan, para narapidana terlebih dahulu diseleksi lewat proses assessment. Selain itu, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan hari bhakti pemasyarakatan yang ke 55.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *