BPOM Sidak Takjil Temukan Boraks Dan Formalin

BPOM Sidak Takjil Temukan Boraks Dan Formalin

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Untuk memberikan perlindungan kepada konsumen, BPOM Surabaya dan Dinas Kesehatan Nganjuk melakukan sidak sejumlah makanan dan minuman penjual takjil di alun-alun nganjuk. Dari hasil sidak petugas menemukan makanan mengandung boraks dan formalin.

Balai Besar Pengawasan Obat Dan Makanan (BPOM) Surabaya dan Dinas Kesehatan Nganjuk melakukan sidak penjual makanan dan minuman (mamin) di pusat kuliner Alun-Alun Nganjuk. Tim BPOM yang didampingi Dinas Perindustrian Dan Perdagangan, Dinas Kesehatan Nganjuk dan Kepolisian ini, secara khusus menyasar stan-stan yang menjajakan makanan khas takjil untuk berbuka puasa. Hasilnya, dari 40 makanan yang di ambil petugas menemukan sejumlah makan yang mengandung berbahaya seperti borak dan formalin.

Pada sidak kali ini, petugas mengambel beberapa contoh bahan makanan yang dijual baik makanan kering maupun basah. Makanan dan minuman yang diambil contohnya selanjutnya langsung di uji di laboratorium keliling BPOM Surabaya. Dari sejumlah bahan yang di lakukan uji lab, makanan berupa kerupuk ditemukan mengandung boraks, sementara jenis makanan basah ada yang terindikasi mengandung formalin.

Sementara itu bahan pangan lain, masih terbilang aman. Kabid Dinas Kesehatan mengungkapan, sidak yang digelar kali ini untuk memberikan rasa aman kepada warga yang membeli makanan takjil untuk berbuka puasa.

Untuk bahan makanan yang terdeteksi mengandung bahan berbahaya, Dinkes dan BPOM akan meminta kepada pedagang untuk tidak diperjual belikan. Pihaknya juga memberikan pembinaan agar tidak menjual lagi barang yang terdeteksi mengandung bahan berbahaya bagi tubuh.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *