Bus Sekolah Gratis Kurangi Penggunaan Kendaraan Para Pelajar

Bus Sekolah Gratis Kurangi Penggunaan Kendaraan Para Pelajar

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Pemerintah Kabupaten Nganjuk, membuat gebrakan baru dengan menyiapkan bus sekolah gratis untuk seluruh pelajar sekolah di Nganjuk. Saat ini terdapat 9 rute sekolah yang telah disediakan oleh Pemkab Nganjuk, tujuannya untuk mengurangi penggunaan anak sekolah menggunakan sepeda motor, dan lebih mengirit biaya kebutuhan sekolah.

Ditemani sejumlah pejabat tinggi di lingkup Pemkab Nganjuk, Polres dan Kodim Nganjuk, Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat meresmikan penggunakan sekolah gratis untuk para pelajar. Peresmian dilakukan di Alun-Alun Berbek. Dihadapan para siswa, Bupati Nganjuk mengungkapkan, ada 9 rute jalur yang akan dilewati bus sekolah, mulai jalur dari wilayah barat, yakni daerah Wilangan, rute wilayah utara, meliputi Gondang, Sukomoro, wilayah tengah meliputi Kota Nganjuk, dan wilayah timur, meliputi Warujayeng dan Kertosono.

Bus sekolah ini akan standby sesuai rutenya, sejak pagi sebelum anak-anak berangkat sekolah, dan ketika pulang sekolah. Untuk mengisi 9 rute ini sementara waktu pemkab menyediakan 4 armada bus, dan 7 kendaraan mpu. Selain itu keberaadan bus sekolah gratis ini untuk mengurangi penggunaan sepeda motor yang dibawa pelajar ketika sekolah, harapannya selain mengirit biaya untuk beli bbm, juga bisa mneegurangi angka kecelakaan yang biasa melibatkan pelajar sekolah.

Targetnya pada tahun pertama ini dapat mengurangi angka kecelakan hingga 5 persen, sesuai data dari Polres Nganjuk, di tahun 2018 kecelakaan yang melibatkan pelajar mencapai 100 kecelakaan lebih, beberapa diantaranya menyebabkan pelajar meninggal dunia dan lainnya luka-luka.

Gebarakan Pemerintah Kabupaten Nganjuk ini akan terus dievaluasi, jika terus mengalami perbaikan, jumlah armada akan terus ditambah menyesuaikan dengan jumlah siswa yang ada di seluruh Kabupaten Nganjuk.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *