Cuaca Ekstrim Sebabkan Peternak Ikan Hias Merugi Karena Banyak Yang Mati

Cuaca Ekstrim Sebabkan Peternak Ikan Hias Merugi Karena Banyak Yang Mati

Tulungagung, Bayu TV Nganjuk – Cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini, membuat peternak ikan hias di Tulungagung, Jawa Timur, mengalami kerugian, karena banyak ikan yang mati terkena penyakit jamur insang. Untuk mengurangi dampak resiko kematian, para peternak ikan hias rutin mengganti air kolam, dan mengurangi volume makanan ikan hias.

Beberapa peternak ikan hias di Desa Wajak Lor, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur, mengalami kerugian. Usaha budidaya ikan hias menghadapi kendala cuaca ekstrim, dan menyebabkan tingkat kematian ikan di kolam hingga 50 persen. Suhu dingin yang terjadi sejak awal bulan ini, menyebabkan ikan mudah terkena penyakit jamur insang. Sedangkan beberapa jenis ikan hias, seperti ikan mas koki, ikan layer, ikan saleko, dan ikan mata balon, banyak dibudidayakan peternak di daerah ini, tidak mampu bertahan dengan cuaca ekstrim.

Serangan penyakit jamur insang ini, muncul dikarenakan suhu dingin, yang terjadi setiap tahunnya. Suhu ini, rata-rata terjadi sejak bulan juni, hingga agustus, dan menyerang ikan segala umur.

Untuk mengurangi dampak resiko kematian ikan hias, para peternak ikan menyiasatinya dengan rutin mengganti air kolam. Jika biasanya air diganti seminggu sekali, kali ini ditingkatkan menjadi seminggu tiga kali. Selain itu, pemberian pakan ikan, dan volume air, juga ikut dikurangi.

Kondisi ini, diperkirakan akan terus terjadi selama tiga bulan ke depan. Selain menyebabkan tingginya tingkat kematian ikan hias, cuaca tidak ekstrim seperti ini, juga berpengaruh terhadap menjadi lambatnya pertumbuhan ikan.

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *