Diserang Jamur Ratusan Hektar Tanaman Padi Di Nganjuk Terancam Gagal Panen

Diserang Jamur Ratusan Hektar Tanaman Padi Di Nganjuk Terancam Gagal Panen

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Diserang hama penyakit potong leher, ratusan hektar tanaman padi di Kabupaten Nganjuk terancam gagal panen. Hal tersesebut membuat para petani resah, pasalnya selain membuat para petani merugi, dapat dipastikan hasil panen pada musim ini akan turun drastis hingga 50 persen.

Diserang hama penyakit potong leher, ratusan hektar tanaman padi di 6 kecamatan di Kabupaten Nganjuk terancam gagal panen. Hama penyakit jenis jamur pyricularia oryzae tersebut membuat para petani resah, sebab dapat dipastikan hasil panen padi pada musin ini akan turun mencapai 50 persen.

Hama penyakit potong leher ini menyerang tanaman padi yang telah berumur 70 hari jelang masa panen. Penyakit ini biasanya disebabkan jamur pyricularia oryzae yang menyerang bagian batang persis di bawah biji padi, sehingga biji padi menjadi kering dan tak berisi.

Seperti tanaman padi milik Sumadi, salah satu anggota kelompok tani Sri Sedono Desa Sombron, Kecamatan Loceret, Nganjuk ini. Dari tanaman padi seluas dua hektar miliknya, hampir 90 persen terserang hama penyakit potong leher.

Dapat dipastikan hasil panen tanaman padi miliknya pun akan menurun, jika biasanya dalam 1 hektar dapat memanen padi hingga 9 ton, namun dengan kondisi sekarang diperkirakan hanya sekitar 5 ton saja.

Sementara itu, Koordinator Pengendali Organisme Penggangu Tumbuhan Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Gunawan menjelaskan, dari data bulan februari, selain di Kecamatan Loceret, penyakit potong leher juga menyerang tanaman padi di enam kecamatan,yakni Kecamatan Lengkong, Baron, Pace, Nganjuk, Kertosono, dan Gondang. Dari enam kecamatan tersebut hama penyakit potong leher telah menyerang total seluas 262 hektar tanaman padi.

Guna menanggulangi hama penyakit tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk akan menerjunkan tim untuk meninjau langsung kondisi di lapangan.

Selain di sebabkan karena faktor cuaca, penyakit patah leher itu dapat diantisipasi dengan penggunaan pupuk nitrogen sesuai anjuran, pembersihan lahan tanam dari gulma, serta penggunaan fungisida berbahan aktif masa pembibitan.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

1 thought on “Diserang Jamur Ratusan Hektar Tanaman Padi Di Nganjuk Terancam Gagal Panen

    jihad

    (June 13, 2019 - 3:57 am)

    makasih telah berbagi ilmu, semoga semakin baik kedepanya, ditunggu artikel selanjuntnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *