Dua Siswa Manfaatkan Biji Asam Untuk Manisan

Dua Siswa Manfaatkan Biji Asam Untuk Manisan

Tulungagung, Bayu TV Nganjuk – Siapa sangka jika biji asam yang keras dan selama ini tidak banyak termanfaatkan, ternyata bisa diolah menjadi makanan. Dari penelitian yang dilakukan dua siswi Madrasah Aliyah Negeri, MAN 1 Tulungagung, biji asam berhasil diolah menjadi manisan bertekstur kenyal yang tentunya menambah nilai ekonomi biji asam.

Dua orang siswi MAN 1 Tulungagung, Ana Anisabudin dan Afifah yang berhasil mengolah biji asam atau klungsu menjadi manisan. Mereka tertarik meneliti biji asam karena selama ini biji asam yang keras tersebut sering kali hanya terbuang tidak termanfaatkan. Difasilitasi pihak sekolah, kedua siswi tersebut akhirnya berhasil menemukan cara mengolah dan membuat biji asam memiliki nilai ekonomi. Dari hasil riset keduanya, biji asam di klaim memiliki kandungan karbohidrat antara 1 koma 4 hingga 4 koma 1 gram protein sebesar 2 hingga 3 gram serta sedikit lemak. Bagi para perokok, biji asam juga mengandung senyawa yang bisa menghilangkan nikotin yang menempel pada gigi.

Dua Siswa Manfaatkan Biji Asam Untuk Manisan

Untuk mengolah biji asam menjadi manisan tidaklah sulit, biji asam hanya perlu direbus sebanyak tiga kali. Rebusan pertama untuk memudahkan mengupas kulit, rebusan kedua untuk melembutkan tekstur dan rebusan ketiga untuk mencampurkan biji asam ke dalam cairan gula dan perasa. Setelah didinginkan, manisan biji asam langsung siap disantap.

Terkait hasil karya kedua siswi tersebut, pihak sekolah akan berupaya mendorong agar temuan ini bisa menjadi sarana pendidikan bisnis bagi para siswa. Kemasan yang bagus dan layak jual maka hasilnya akan bisa untuk uang jajan ataupun untuk membantu biaya keperluan sekolah mereka.

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *