Eksistensi Perajin Cobek Dan Uleg Dari Desa Betet

Eksistensi Perajin Cobek Dan Uleg Dari Desa Betet

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Desa Betet yang terkenal dengan wisata taninya, ternyata di wilayah tersebut juga menjadi sentra pembuat cobek dari bongkol pohon kelapa. Mayoritas warga di desa tersebut banyak yang memilih menjadi perajin ulekan dan cobek, namun semakin langkanya pohon kelapa yang tumbuh di daerah tersebut, membuat warga sulit mencari bahan baku. Tak hayak jika kehabisan bahan baku warga terpaksa membeli bahan bakunya dari Kabupaten Blitar. Warga berharap peran serta pemerintah, agar pembuat cobek dari Betet tidak gulung tikar.

Anda yang suka sambal tentu tak asing dengan benda yang satu ini, ulekan dan cobek, menghadirkan sensasi tersendiri saat menikmati sambal, pembuat cobek dari Desa Betet Kecamatan Ngronggot Nganjuk pun tetap eksis hingga sekarang.

Sejak puluhan tahun lalu, mayoritas warga di sana banyak yang memilih menjadi perajin ulekan dan cobek dari bongkol pohon kelapa. Tak berlebihan bila menyebut Desa Betet yang terkenal dengan wisata taninya, di wilayah tersebut juga menjadi sentra pembuat cobek dari bongkol pohon kelapa, Sutoyo salah satu warga Desa Betet dalam sehari mampu membuat puluhan cobek dan ulekan, dari bongkol pohon kelapa menggunakan alat sederhana. Warga memanfaatkan bongkol kelapa yang biasanya hanya dijadikan kayu bakar di sulap menjadi barang yang punya nilai jual, namun semakin langkanya pohon kelapa yang tumbuh di daerah tersebut, membuat warga yang menggantungkan mata pencarianya dari membuat cobek dan ulekan, terpaksa membeli bahan baku bongkol pohon kelapa dari Kabupaten Blitar.

Warga berharap peran serta pemerintah, agar dapat memberikan solusi tentang kesulitan bahan baku serta pemasaran produk yang selama ini menjadi kendala warga.

Cobek dan ulekan buatan para warga tahan lama serta juga tidak kalah dengan cobek dari pabrikan, walupun hanya pembuatanya bermodalkan alat yang sederhana. Selain itu, cobek dan ulekan buatan warga mempunyai ciri khas dari desa tersebut. Tidak hanya cobek dan ulekan, warga juga membuat perlengkapan lain seperti lumpang, dan tatahan bumbum dari limbah kayu.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *