Hari Buruh, Ribuan Buruh Menggelar Ziarah Serta Doa Bersama Di Makam Marsinah

Hari Buruh, Ribuan Buruh  Menggelar Ziarah Serta Doa Bersama Di Makam Marsinah

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Dalam peringatan May Day atau Hari Buruh yang jatuh pada 1 mei, ribuan buruh dari seluruh daerah di Jawa Timur berziarah ke makam Marsinah di Desa Nglundo Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk, pada peringatan Hari Buruh tersebut digelar ziarah dan doa bersama yang diikuti para buruh yang dipimpin Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, dalam kesempatan itu Wakil Bupati beserta pimpinan kordinator buruh, menggelar petias tanda tangan di papan besar yang isinya meminta mendukung meminta marsinah dijadikan pahlawan buruh nasional serta dibangunya Taman Monumen Marsinah.

Ribuan buruh dari seluruh daerah di Jawa timur berziarah ke makam Marsinah di Desa Nglundo Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk, makam Marsinah dipadati peziarah dalam perayaan Hati Buruh sedunia atau May Day yang diperingati pada 1 mei .

Pada kesempatan itu di gelar ziarah dan doa bersama yang diikuti para buruh yang dipimpin Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, seperti tahun ke tahun, dalam May Day tahun ini para buruh berharap marsinah dinobatkan menjadi pahlawan nasional oleh pemerintah, serta dibuatkan Taman Monumen Marsinah.

Ribuan buruh yang berziarah di makam marsinah terdiri dari anggota SPSI, KSBSI Nganjuk dan SP, SB Jatim, serta persatuan serikat buruh, dalam kesempatan itu wakil bupati beserta pimpinan kordinator buruh, menggelar petias tanda tangan di papan besar yang isinya meminta mendukung meminta Marsinah dijadikan pahlawan buruh nasional serta dibangunya Taman Monumen Marsinah.

Taburan bunga terus bertambah menghiasi pusara almarhum, selain Wakil Bupati Nganjuk Marhean, turut ikut dalam ziarah yakni Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta.

Marsinah meninggal pada umur 24 tahun, ia merupakan seorang aktivis dan buruh pabrik jaman pemerintahan orde baru, ia bekerja pada PT Catur Putra Surya (CPS) Porong, Sidoarjo Jawa Timur.

Ia diculik dan kemudian ditemukan terbunuh pada 8 mei 1993 setelah menghilang selama tiga hari, mayatnya ditemukan di hutan di Dusun Jegong, Desa Wilangan dengan tanda-tanda bekas penyiksaan berat.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *