Heboh Rumah Tahanan Kelas 2B Kabupaten Nganjuk Gelar Pernikahan Dilam Aula Rutan

Heboh Rumah Tahanan Kelas 2B Kabupaten Nganjuk Gelar Pernikahan Dilam Aula Rutan

Nganjuk,  Bayu TV Nganjuk – Pemandangan tak biasa, terlihat di dalam aula rutan kelas 2B Kabupaten Nganjuk. Puluhan warga binaan berkumpul di aula rutan, untuk menggelar prosesi pernikahan adat jawa. Lengkap dengan baju khas adat jawa, prosesi pernikahan itupun berjalan dengan sakral dan hikmad.

Di ruang aula rumah tahana kelas 2B Nganjuk inilah, puluhan warga binaan  mengikuti prosesi pernikahan adat jawa. Dengan mengenakan baju adat khas jawa, sejumlah warga binaan ini mulai memperagakan urutan tata cara pernikahan. Namun, acara pernikahan tersebut bukan acara yang resmi pada umumnya, melainkan sebagai pratik belajar pranatacara jawa oleh warga binaan.

Acara yang digelar oleh sejumlah seniman persaudaraan masyarakat budaya nasional indonesia (Permadani) Kabupaten Nganjuk ini, sengaja merangkul warga binaan lapas kelas 2B Nganjuk untuk belajar pranatacara penikahan adat jawa. Selain untuk melestarikan kebudayaan adat jawa, kegiatan ini juga bertujuan untuk membekali para warga binaan agar dapat memanfaatkan ilmunya di masyarakat.

Dalam kursus ini, mereka bukan hanya sekedar diajarkan tata cara menyusun sebuah acara, tapi juga kebudayaan, kesenian,dan busana. Selain itu, merka juga diajarkan berbagai materi yang sudah ditetapkan dalam kurikulum, di antaranya seputar adat pengantin jawa, renggeping wicara, sekar setaman, pedhalangan, begalan, tembang gendhing, dan lainnya.

Sementara itu, Diding Alfian, kepala lembaga pemasyarakatan kelas 2B Kabupaten Nganjuk menjelaskan, pihaknya sangat mendukung kegiatan permadani ini sebagai langakah meningkatkan motivasi dan bekal para warga binaan. Ia mengaku bangga, karena baru pertama kali ada pembelajaran pranatacara adat jawa tersebut digelar bagi warga binaannya.

Disisi lain, Yudi Prasetyo salah satu peserta warga binaan mengaku sangat senang bisa mengikuti dan mendapatkan ilmu pranatacara ini. Ia berharap dengan adanya pemebelajaran pranatacara ini,dapat menjadi bekal saat dirinya keluar nanti.

Selain,pemebelajaran pranatacara adat jawa yang rutin digelar pada 2 kali dalam seminggu ini, di lapas kelas 2B Nganjuk para warga binaan juga diajarkan berbagai ilmu kerajinan tangan serta berwira usaha.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *