Isi Liburan Lebaran Anak-Anak Belajar Batik Tulis

Isi Liburan Lebaran Anak-Anak Belajar Batik Tulis

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Banyak cara untuk mengisi liburan selain bepergian ke tempat wisata. Seperti yang dilakukan oleh anak-anak di Nganjuk, Jawa Timur ini. Beberapa anak memanfaatkan liburan lebaran dengan belajar membatik. Meski terlihat susah, namun semangat mereka untuk belajar membatik secara tradisonal ini patut diapresiasi selain untuk mengenal budaya wariosan leluhur.

Bertempat di Desa Ngetos Kecamatan Ngetos inilah terlihat beberapa anak sedang serius mengerjakan sesuatu. Yaa, anak-anak dari sekolah dasar ini sedang belajar membatik secara tradisional atau lebih dikenal dengan batik tulis.

Sebelum mulai membatik, mula-mula mereka menggambar sebuah pola di selembar kain sesuai dengan imajinasi mereka sendiri. Kemudian alat-alat dan bahan seperti lilin panas, malam, pewarna dan lain-lain yang telah disiapkan barulah mereka membatik dengan cara tradisional menggunakan canting.

Meski terlihat agak susah, namun dengan semangat dan ketelitian mereka pun mampu menyelesaikan membatik dengan panduan seorang. Anak-anak sengaja belajar membatik ini untuk mengisi liburan lebaran setelah bersilahturahmi dengan sanak saudara. Selain itu untuk lebih mengenalkan batik tulis sebagai budaya warisan leluhur.

Diharapkan dengan dilatihnya anak-anak belajar membatik secara tradisional ini dapat mengenalkan sejarah peninggalan nenek moyang agar dapat terus dilestarikan .

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *