Jelang Imlek Para Dewa Dimandikan

Jelang Imlek Para Dewa Dimandikan

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Jelang tahun baru imlek, patung para dewa di Klentenghok Yoe Kiong, di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur dimandikan. Ritual memandikan para dewa yang dilakukan setiap menjelang imlek ini sebagai bentuk bakti umat Tridarma, dan juga sebagai perwujudan syukur atas berkah yang melimpah di tahun kemarin.

16 patung dewa yang ada di beberapa altar di Klenteng Hok Yoe Kiong yang berada di Desa Sukomoro, Kecamatan Sukomoro, Nganjuk mulai dibersihkan. Dalam keagamaan umat Tri Dharma ritual ini disebut dengan memandikan para dewa.

Para dewa yang diyakini bersemanyam di dalam sejumlah patung tersebut dimandikan menggunakan air yang telah dicampur dengan sabun dan juga bunga. Usai dibersihkan para dewa dikembalikan ke altar sembahyang.

Sebastian Wisang, Seksi Rohani Klenteng mengungkapkan, ritual memandikan para dewa ini merupakan ritual wajib yang dilakukan umat Tri Dharma menjelang tahun baru imlek. Ritual memandikan dewa ini sebagai bentuk perwujudan bakti dan wujud syukur umat Tri Darma, pada tahun kemarin yang telah diberikan rejeki melimpah, dan ditahun baru yang akan berharap berkah dan diberikan rejeki dan kesehatan bagi seluruh umat.

Umat Tri Dahrama juga percaya dengan memandikan para dewa akan mendatangkan hoki, sebelum perayaan imlek, mereka meyakini para dewa pergi ke Nirwana dan meninggalkan patungnya, disaat itulah patung dewa kosong dan harus dibersihkan, agar ketika kembali dari nirwana para dewa kembali ke patungnya yang sudah dalam keadaan bersih.

Para dewa yang dimandikan diantaranya dewa utama yakni Kong Tik Tjoen Ong, Kwan Seng Tee Koen, Kongco Kwan Kong, dewa rejeki yakni dewa Hok Tik Tjin Sing, serta dewa Ka Lam Ya Kong, dan Hian Thian Siang Tee.

Aktifitas memandikan para dewa ini biasa dilakukan umat Tri Darma satu minggu sebelum tahun baru imlek. Selain membersihkan patung, mereka juga membersihkan tempat peribadatan dari kotoran dan debu, dengan cara menyapu dan mengepelnya.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *