Kejar Target KPU Nganjuk Gunakan Mesin Pelipat Kertas Dalam Pelipatan Surat Pemilu

Kejar Target KPU Nganjuk Gunakan Mesin Pelipat Kertas Dalam Pelipatan Surat Pemilu

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nganjuk, mulai melakukan proses penyortiran dan pelipatan kertas surat suara pemilu 2019. Guna mempercepat proses pelipatan surat suara, KPU menggunakan mesin pelipat kertas suara dengan kapasitas kecepatan mencapai 8 ribu lembar perjam. Hingga dua hari proses pelipatan surat suara KPU menemukan 3 ribu surat suara yang rusak.

Bertempat di Gudang Logistik KPU Nganjuk, di GOR Bung Karno Nganjuk, KPU Nganjuk mulai melakukan pelipatan surat suara menggunakan satu mesin pelipat surat suara, yang dikerjakan oleh CV Anggrek, asal Pekalongan sebagai pemenang tender pelipatan surat suara.

KPUD Nganjuk menggunakan dua cara, yakni pelipatan menggunakan satu mesin dan pelipatan manual menggunakan tenaga orang. Pelipatn surat suara, mulai dilakukan sejak hari senin kemarin, namun pelipatan menggunakan mesin baru dimulai hari ini.

Mesin pelipat suara yang dioperasikan mampu melipat delapan ribu kertas surat suara dalam satu jam. Mesin ini digunakan untuk mempercepat proses pelipatan surat suara. Sementara itu untuk pelipatan manual, dikerahkan sebanyak 39 orang yang bekerja.

Nurhasim Kepala Logistik KPUD Nganjuk, mengungkapkan, hingga selasa siang, surat suara DPD RI belum terkirim dari percetakan, sedang surat suara untuk DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, dan Presiden sudah terkirim.

Pelipatan surat suara ditargetkan selesai dalam dua minggu sejak di lakukan pada senin kemarin, hal tersebut sesuai dengan kontrak kerja pemenang tender pelipatan surat suara. Hingga hari kedua pelipatan, KPU menemukan 3 ribu surat suara yang rusak. Rata-rata kerusakan disebabkan tinta kertas yang meluber menutupi nama dalam kotak suara.

Untuk menjaga keamanan surat suara, juga ditempatkan dua petugas polisi, yang akan menjaga gudang ini 24 jam.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *