Keterlambatan Kotak Suara KPU Nganjuk

Keterlambatan Kotak Suara KPU Nganjuk

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Jelang pemilihan umum 17 april, belum seluruhnya surat suara di kirim ke KPU Nganjuk, Jawa Timur. Hingga saat ini baru surat suara DPR RI yang sudah datang, sementara surat suara untuk Paslon Capres, DBD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten belum datang. Hal ini berimbas kepada proses pelipatan surat suara yang juga ikut molor dari jadwal.

Sejak tanggal 4 maret, KPU Nganjuk sudah mulai menyiapkan kebutuhan logistik untuk pemilu tanggal 17 april, salah satunya dengan menyiapkan kotak suara. KPU Nganjuk mulai merakit kotak suara di gudang logistik tepatnya di Gor Bung Karno, Kelurahan Begadung, Kecamatan Nganjuk. Setidaknya terdapat 12 pekerja perakitan yang menyiapkan kotak suara sejumlah 18 ribu lebih. Kotak suara itu nantinya akan di gunakan sebagai tempat penyiman surat suara, di 3.658 TPS di seluruh Nganjuk.

Sementara itu, hingga saat ini baru 540 ribu surat suara untuk DPR RI Dapil 8 yang sudah datang di gudang logistik KPU. Jumlah itu masih kurang 378 ribu dari jumlah kesluruhan surat suara untuk DPR RI yang berjumlah 878 ribu 281 surat suara. Sementara untuk kertas surat suara untuk pasangan Capres, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD hingga saat ini belum tiba.

Menurut Ketua KPU Nganjuk Agus Rahman Hakim, kedatangan surat suara ini sudah molor dari jadwal awal yang telah ditentukan yakni tanggal 25 februari. Surat baru datang ke logistik kpu yang berupa surat suara DPR RI Dapil 8, baru datang pada tanggal 4 maret kemarin. Sementara surat suara lain yang belum datang diperkirakan datang tanggal 11 maret mendatang. Molornya jadwal pengiriman dari percetakan ke KPU Nganjuk diakui akan berdampak kepada proses pelipatan surat suara.

Agar tetap sesuai jadwal, pelipatan suara yang di target selesai h-10 sebelum pencoblosan ini, akan dikebut dengan cara mengerahkan tenaga tambahan, atau menambah jam kerja pelipatan atau lembur. Ketua KPU mengaku di Jawa Timur ada empat Kabupaten yang tercatat mengalami ke moloran jadwal kedatangan surat suara, selain Nganjuk tiga Kabupaten lain yang molor diantaranya, Kabupaten Bojonegoro, Trenggalek dan juga Pacitan.

Meski molor dari jadwal, dengan rentan waktu yang ada, KPU Nganjuk optimis, tidak akan menggau jalannya pemilu mendatang.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *