Kreatifitas Narapidana Sulap Koran Bekas Jadi Kerajinan Unik

Kreatifitas Narapidana Sulap Koran Bekas Jadi Kerajinan Unik

Jombang, BayuTV Nganjuk – meski berada dalam massa menjalani proses hukuman penjara namun hal ini tak menyurutkan bentuk kreatifitas para warga binaan di lapas kelas 2B Jombang, Jawa Timur.
ini dibuktikan dengan adanya pengelolaan limbah korban bekas untuk kerajinan unik yang bernilai ekomis.

seperti apa kerajinan mereka simak liputan selengkapnya.inilah hasil – hasil karya dari tangan kreatif para warga binaan di lapas kelas 2b Jombang, Jawa Timur setiap harinya

Ya, dibengkel sederhana yang berada didalam lapas inilah tangan – tangan kreatif para warga binaan diasah.dibengkel tersebutlah, sejumlah kerajinan dari tangan para  napi berhasil diciptakan seperti adanya pemanfaatan limbah koran bekas.

koran yang awalanya tertumpuk dan tak terpakai usai dibaca para petugas lapas ini kini menjadi benda yang sungguh bernilai ekonomis. koran bekas ini, kini disulap para napi menjadi barang barang hias dan kebutuhan rumah tangga. seperti hiasan berupa burung mera dan kaligrafi serta celengan berbentuk boneka hellokity.dalam proses pembuatanya koran bekas diukur dan dipotong untuk dijadikan batangan kecil sebagai bahan dasar pembuatan barang.

Kreatifitas Narapidana Sulap Koran Bekas Jadi Kerajinan Unik

Nah, potongan ini kemudian disambung – sambung dan dijadikan benda sesuai keinginan para napi yang menjadi pengerajin.untuk segi harga dibandrol sesuai dengan tingkat kesulitan dan ukuran barang.untuk burung hias seperti merak dibandrol dengan harga 70 ribu, sementara untuk celangan hanya dibandrol 35 ribu.

dalam sehari para napi bisa menghasilkan minimal 5 sampai 10 barang yang dipesan para pelangganya. meski banyak pesanan mereka mengaku terdapat tingkat kesulitan dalam proses pembuatan karena permintaan konsumen yang terus berbeda. sementara itu untuk membantu agar hasil kerajinan para warga binaan memiliki nilai ekonomis tinggi.lapas memberikan fasilitas berupa pameran hasil kerajinan napi diluar maupun didalam lapas.

para napi berharap hasil kerajinan mereka terus diminati masyarakat sebagai modal mereka menjalani usaha baru ketika proses hukuman selesai dan dinyatakan bebas.

 

Reporter : Aan Hidayat (Jombang -Jawa Timur )

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *