Memasuki Masa Tenang Bawaslu Nganjuk Tertipkan Ribuan Alat Peraga Kampanye

Memasuki Masa Tenang Bawaslu Nganjuk Tertipkan Ribuan Alat Peraga Kampanye

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Memasuki masa tenang dalam pemilu 2019, Bawaslu Nganjuk tertipkan ribuan alat peraga kampanye yang tersebear di wilayah Kabupaten Nganjuk. Operasi pembersihan APK ini dilakukan Bawaslu dibantu jajaran Polres Nganjuk dan Satuan Polisi Pamong Praja, petugas langsung menyisir wilayah strategis pemasangan APK untuk di tertipkan.

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Nganjuk bersama Satpol PP melakukan aksi bersih-bersih alat peraga kampanye (APK), di masa tenang. Pencopotan APK milik peserta pemilu digelar mulai dari h-3 samapai h-1 sebelum pencoblosan, penertiban diawali dengan menyasar APK berukuran besar milik caleg maupun capres yang selama ini terpasang di ruas jalan protokol Kota Nganjuk.

Untuk mempercepat proses pembersihan APK yang sulit dijangkau, petugas gabungan juga menerjunkan dua unit crane milik Dinas Perhubungan dan Dinas Lingkungan Hidup. Fina Lutfiana Rahmawati, Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Nganjuk menegaskan, pembersihan APK dilakukan secara serantak mulai pukul 00.01 WIB dini hari tadi, bahkan hingga minggu siang penertiban juga masih berlangsung.

Selain itu, petugas Panwascam bersama Satpol PP masing-masing kecamatan juga melakukan hal serupa. Target pembersihan APK dijadwalkan akan selesai hari ini, apabila belum tuntas penertiban akan dilanjutkan hingga tiga hari kedepan. Operasi penertiban APK di sejumlah titik di Kabupaten Nganjuk berhasil mencopot ratusan lembar APK.

Bawaslu berharap, pencopotan APK dilakukan Parpol bersama calegnya untuk memberikan pembelajaran atau pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

Pihaknya menambakan, pencopotan APK memang seharusnya menjadi tanggungjawab parpol peserta pemilu, bahkan Bawaslu telah mengimbau para parpol tersebut dengan mengirimkan surat pemberitahuan sebelumnya. Namun, karena masih banyak APK yang terpasang di hari tenang ini, memaksa Bawaslu untuk menertibkannya.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *