Paska Perayaan Pemilu 2019 Harga Komoditas Bawang Putih Merangkak Naik

Paska Perayaan Pemilu 2019 Harga Komoditas Bawang Putih Merangkak Naik

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Paska pemilu pada 17 april 2019, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Nganjuk mulai merangkak naik. Salah satunya, harga komoditas bawang putih yang merangkak naik hingga 40 ribu perkilo gramnya. Sedangkan, harga bawang merah justru menurun di kisaran harga 26 ribu perkilogramnnya.

Paska pemilu pada 17 april 2019 lalu, harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Sukomoro Kecamatan Sukomoro Nganjuk mulai mengalami kenaikan. Salah satunya, harga komoditas bawang putih yang merangkak naik hingga 40 ribu perkilo gramnya. Jika seminggu sebelumnya, harga bawang putih di tingkat pedagang hanya mencapai 36 ribu rupiah perkilo gramnya, kini mulai merangkakak naik secara bertahab hingga memncapai 40 ribu rupiah perkilo gramnya.

Diduga naiknya harga komoditas bawang putih terebut disebabkan karena kurangnya pasokan di dalam negeri. Selain itu, dampak kenaikan harga bawang putih ini juga di rasakan oleh sejumlah pedagang. Mereka mengeluh, karena naiknya harga bawang ini membuat daya beli para konsumen menurun.

Joko Susuilo, salah satu pedagang bawang mengukapkan, karena naiknya harga bawang tersebut membuat omset penjualannya menjadi berkurang. Jika biasa ia dapat menjual bawang putih sebanyak 3 ton per hari, kini hanya tinggal 1.5 hingga 2 ton saja.

Sementara itu, kenaikan harga bawang putih juga diiringi dengan menurunya harga bawang bawang merah. Sebelumnya, harga bawang merah di tingkat pedagang mencapai 30 ribu perkilo gramnya, kini mengalami penurunan menjadi 26 ribu rupihan perkilo gramnya. Menurunya harga bawang merah ini desebakan karena pasokan bawang dari luar daerah sudah mulai masuk ke Kabupaten Nganjuk, sementara untuk harga bawang merah lokal turun mencapi 20 ribu rupiah perkilo gramnya.

Kenaikan harga komoditas bawang putih ini diperkirakan akan terus merangkak naik hingga menjelang bulan ramadhan mendatang. Sementara itu, sejumlah petani berharap kepada pemeritah terkait agar segera menyetabilkan harga bawang merah menjelang masa panen raya.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *