Peringati Hari Kartini Wanita Lapas Berkreasi

Peringati Hari Kartini Wanita Lapas Berkreasi

Bayu TV Nganjuk – Berbagai cara yang dilakukan untuk memperingati hari kartini dan salah satunya di lembaga pemasyarakatan lapas kelas 2 B Tulungagung, belasan warga binaan wanita mendapat pelatihan kerajinan tangan dari kain flanel dari lembaga pelatihan kerja LPK setempat. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi bekal saat keluar dari lapas dan kembali bermasyarakat.

Berbeda dengan pada umumnya saat memperingati hari kartini, 21 april yang selalu identik memperingati dengan mengenakan pakaian adat tradisional, namun, 12 orang warga binaan wanita di lapas kelas 2 B Tulungagung, mendapat pelatihan kerajinan tangan berbahan kain flanel. Para warga binaan ini diajarkan membuat kerajinan berbagai macam bunga dan dengan penuh hati-hati, mereka mencoba membuat tangkai bunga serta bagian kelopak serta daun.

Peringati Hari Kartini Wanita Lapas Berkreasi

Peringati Hari Kartini Wanita Lapas Berkreasi

Meski pelatihan yang diberikan dengan waktu terbatas hanya 2 jam, namun mereka mulai dapat membuat kerajinan bunga dari kain flanel mulai dari tangkai hingga bunga yang cantik. Kursus ketrampilan ini untuk memperingati hari kartini dan dikhususkan untuk warga binaan wanita, karena selama ini setiap pelatihan ketrampilan sering diberikan kepada warga binaan laki-laki. Melalui kursus ini mereka diharapkan mempunyai bekal ketrampilan yang bisa digunakan untuk mencari nafkah setelah keluar dari dalam lapas.

Meski pelatihan ini nampak sepele, namun kerajinan bunga ini mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, karena setiap tangkai bunga mawar jika di jual laku seharga 15 ribu rupiah dan keuntungan yang di dapat setiap tangkainya sebesar 10 rupiah. Bunga mawar tiruan ini sangat laku keras saat momen valentine dan hari ibu, sehingga cocok untuk dijadikan mata pencaharian. [Tim Liputan Bayu TV]

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *