Peringati HUT Bhayangkara Ke–73 Ratusan Anggota Polri Gelar Bakti Treligi Di Pura Kertabuana Giri Wilis

Peringati HUT Bhayangkara Ke–73 Ratusan Anggota Polri Gelar Bakti Treligi Di Pura Kertabuana Giri Wilis

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke – 73, Polda Jatim bersama Polres Nganjuk melaksanakan kegiatan bakti religi yang dipusatkan di Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis, yang terletak di kaki Gunung Wilis, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Anggota Polri Jajaran Polda Jatim beragama hindu berduyun duyun mendatangi tempat ibadah, untuk melaksanakan upacara Puja Trisandya dan Panca Sembah di pelataran dalam pura. Tradisi rutin yang digelar setiap tiga bulan sekali ini, diikuti oleh ratusan anggota Polda Jatim dan Polres Nganjuk yang beragama hindu.

Kapolres Nganjuk, Akbp Dewa Nyoman Nanta Wiranta mengatakan, selain untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-73, kegiatan bakti religi ini jugas sebagai sarana memperkenalkan warisan leluhur sisa-sisa peninggalan dari Kediri. Dalam acara tersebut, Kapolres Nganjuk juga menyerahkan 85 padmasari kepada umat hindu di setempat, serta penyerahan cindera mata kepada perwakilan umat hindu Polda Jatim.

Sementara itu, di akhir acara, Kapolres Nganjuk menerima dua benda pusaka, yakni, tongkat komando berbahan dasar perunggu dan tongkat poncosodo berbahan dasar kayu. Kedua pusaka tersbut diberikan langsung Romo Dampri, seorang pemangku Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis, dirinya menjelaskan dari symbol symbol yang berada pada benda pusaka tersbut memiliki arti kekuasaan, baik di kehidupan angkasa maupun kehidupan di bumi, juga terdapat simbol bunga wijaya kusuma yang mempunyai makna kesejahteraan.

Acara bhakti religi ini, dihadiri oleh seluruh anggota polres nganjuk dan umat hindu Polda Jatim. Serta sejumlah tokoh masyarakat setempat dan para tokoh agama lain.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *