Petani Kembangkan Wisata Edukasi Labu Madu

Petani Kembangkan Wisata Edukasi Labu Madu

Bayu TV Nganjuk – Sejak lima bulan lalu warga dusun besuk desa toyoresmi, kecamatan ngasem, kabupaten kediri mengembangkan pertanian buah labu madu yang terbukti memiliki keuntungan besar dibanding tanaman melon dan labu lokal. Sedikitnya ada 20 petani di wilayah ini yang membentuk kelompok tani dan mengembangkan pertanian buah labu madu menjadi wisata edukasi berbasis pertanian lahan yang tersebar di 15 titik di area sawah dan kebun disulap menjadi tempat wisata gratis. Dilokasi ini pengunjung selain bisa langsung melihat bentuk labu madu juga bisa foto selfi, belajar cara budidaya secara langsung kepada petani dan bisa membeli aneka olahan labu berupa keguk pisang labu madu, stik labu madu, donat hingga dodol labu Madu. Salah satu pengunung, khotami mengaku sangat suka dengan tempatnya yang sejuk dan cita rasa labu madu karena manis dan tekstur buah yang halus dan lembut. Selain itu rasa labu ini terasa seperti ada citara susu dan lebih tahan tidak cepat busuk meski separuh buah telah dibelah dan tidak diolah.

Petani Kembangkan Wisata Edukasi Labu Madu

Petani Kembangkan Wisata Edukasi Labu MaduSaat ini sedikitnya ada 1 koma 5 hektar lahan yang telah ditanami labu madu, dan 1 koma 5 hektar lagi masih dipersiapkan untuk pengembangan budidaya. Para petani tertarik mengembangkan labu madu karena harga labu madu selain lebih mahal dibanding labu lokal juga harga labu madu relatif stabil. Labu lokal perkilo berkisar 5 ribu rupiah, namun harga labu madu mencapai 13 ribu ditingkat Petani dan jika masuk swalayan perkilogram mencapai 36 ribu rupiah. Keuntungan lain masa panen juga lebih cepat sejak tanam hingga awal panen hanya butuh waktu 3 bulan, selain itu satu kali tanam bisa dipanen dua hingga tiga kali. Dengan Luas 750 meter persegi mampu menghasilkan buah 2 Hingga 2 koma 5 ton sekali panen.
Dari kediri tim liputan bayu tv melaporkan.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *