Petani Merugi, Harga Buah Naga Anjlok

Petani Merugi, Harga Buah Naga Anjlok

Blitar, Bayu TV Nganjuk – Harga buah naga saat musim panen di Kabupaten Blitar, membuat petani mengalami kerugian besar. Pasalnya harga buah naga kualitas tertinggi saat ini hanya dijual tiga ribu rupiah perkilogram. Sedangkan untuk kualitas terendah hanya seribu lima ratus rupiah perkilonya.

Jelang perayaan tahun baru imlek harga buah naga di Kabupaten Blitar turun derastis, di tingkat petani harga buah naga untuk gread A yang sebelumnya dijual 6 ribu rupiah perkilogram saat ini justru anjlok 4 ribu rupiah perkilogram. Sedangkan untuk buah naga gret B dan gret C dijual 1500 dan 500 rupiah perkilogram. Kondisi ini sangat merugikan bagi petani di Sentra buah naga di wilayah Desa Mronjo Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, karena terjadi pada musim panen raya. Anjloknya harga buah naga disebabkan oleh cuaca buruk serta intensitas hujan yang tinggi yang menyebabkan buah banyak yang rusak serta membusuk di pohon. Selain karena cuaca buruk, masa panen raya juga salah satu pemicu anjloknya harga buah naga jelang perayaan imlek kali ini. Padahal normalnya harga buah naga bisa mencapai 10 ribu hingga 20 ribu rupiah perkilogramnya.

Untuk membantu petani buah naga agar tidak terus merugi, pemerintah desa akan memberikan pelatihan kepada para petani untuk mengolah buah naga menjadi makanan maupun minuman yang berekonomis tinggi.

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *