Progres Pengerjaan Mega Proyek Pembangunan Bendungan Semantok Di Kabupaten Nganjuk

Progres Pengerjaan Mega Proyek Pembangunan Bendungan Semantok Di Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Progres pengerjaan mega proyek pembangunan bendungan semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur masih dibawah lima persen. Pengerjaan proyek diatas lahan seluas 700 hektare ini dimulai sejak bulan desember 2017 lalu, dan ditarget selesai pada bulan desember 2021. Adapun anggaran untuk pembangunan bendungan ini sebesar 1,8 triliun rupiah.

Pemerintah menganggarkan dana sebesar 1,8 triliun rupiah untuk pembangunan mega proyek bendungan semantok di Desa Sambikerep dan Tritik, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Mega proyek ini dibangun diatas lahan seluas 700 hektar di dua desa. Terdiri dari sebagian besar lahan perhutani, serta sebagian pemukiman dan lahan warga.

Pembangunan mega proyek ini dibagi menjadi dua paket pengerjaan. Paket satu dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya dengan anggaran sebesar 909.722.000.000 rupiah. Sedangkan untuk paket dua dikerjakan oleh PT Hutama Karya dengan nilai anggaran sebesar 876. 160. 739.000 rupiah.

Pengerjaan megaproyek ini dimulai sejak bulan desember tahun 2017 lalu, dan ditarget selesai pada bulan desember 2021. Hingga saat ini progres pengerjaannya masih dibawah lima persen. Dengan rincian pengerjaan paket satu dua persen, sedangkan untuk paket dua juga masih empat persen.

Adapun pengerjaan yang saat ini digarap diantaranya proses penggalian, fondasi, pembukaan tata bendungan, serta pembetonan saluran air. Sementara untuk pembebasan lahan masih belum tuntas seratus persen.

Bendungan semantok akan memiliki kapasitas tampung sekitar 32 juta meter kubik. Diharapkan mampu mengairi lahan seluas 1.554 hektare, serta menghasilkan listrik sebesar 1, 01 megawatt.selain itu bendungan diproyeksi mengatasi kekeringan dan mereduksi banjir yang biasanya melanda wilayah rejoso saat musim hujan.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *