Ratusan Kader Ansor Se Indonesia Ikuti Magang Di Jepang

Ratusan Kader Ansor Se Indonesia Ikuti Magang Di Jepang

Tulungagung, Bayu TV Nganjuk – Ratusan kader ansor dari seluruh wilayah Indonesia, mengikuti seleksi program magang kerja di jepang yang digelar di Tulungagung, yang meliputi tes kemampuan akademik dan fisik selama 4 hari. Jika lolos mereka akan magang kerja di beberapa perusahaan di jepang dengan kontrak awal selama 3 tahun dan dapat diperpanjang selama 2 tahun.

Sebagai salah satu upaya menyediakan lapangan pekerjaan, pengurus GP Ansor membuka seleksi program magang kerja di Jepang. Seleksi ini di gelar di tulungagung dan diikuti oleh ratusan kader ansor dari berbagai wilayah Indonesia. Mereka akan di tes kemampuan akademik dan fisik sebelum diberangkatkan untuk bekerja di beberapa perusahaan di Jepang. Dalam setiap tahun, GP Ansor memberangkatkan sekitar 1000 kader ke Jepang untuk magang di beberapa perusahaan. Tahun ini mereka membuka 5 seleksi yang akan dilakukan di beberapa wilayah. Nantinya jika dinyatakan lolos mereka akan di kontrak selama 3 tahun oleh perusahaan di Jepang dan bisa diperpanjang selama 2 tahun. Program ini merupakan bentuk kerjasama antara kementerian tenaga kerja RI dengan International Man Power Development Organization Japan atau IM Japan dan sudah berjalan sejak 25 tahun lalu. Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak menyalurkan pekerja di Jepang dan pekerja dari Indonesia banyak disukai karena dikenal disiplin dan mempunyai etos kerja tinggi. Sehingga setidaknya ada 60 perusahaan yang siap memperkerjakan para pekerja dari Indonesia.

Diharapkan tingkat pengangguran di Indonesia bisa berkurang bahkan setelah usai magang di Jepang mereka dapat bekerja mandiri dengan membuka lapaangan pekerjaan didaerahnya masing-masing. Selain di Jepang, pihak Kementerian Tenaga Kerja RI juga sudah bekerja sama dengan negara lain seperti Amerika dan Vietnam dalam program serupa.

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *