Ratusan Rumah Warga Di Beberapa Desa Di Kabupaten Nganjuk Terendam Banjir

Ratusan Rumah Warga Di Beberapa Desa Di Kabupaten Nganjuk Terendam Banjir

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Ratusan rumah warga di beberapa desa di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur terendam banjir mulai dari 30 sentimeter hingga 140 sentimeter. Selain menggenangi rumah banjir juga menyebabkan beberapa fasilitas umum seperti sekolah dan musholla terendam banjir. Banjir disebabkan hujan deras yang mengguyur Kabupaten Nganjuk selasa malam.

Salah satu desa yang terdampak banjir diantaranya Desa Sekar Putih dan Desa Gandu, Kecamatan Bagor Nganjuk. Hingga rabu pagi, banjir masih menggenangi sejumlah pemuikamn warga dan akses jalan. Selain pemukiman banjir juga menggenangi area pertanian yang ditanami padi dan jagung ikut tergenang.

Menurut data BPBD, banjir yang disebabkan hujan deras selama kurang lebih enam jam ini menyebabkan beberapa sungai tidak mampu menahan debit air yang tinggi sehingga meluap kepemukiman warga yang berada di sisi kanan dan kiri.beberapa desa yang terendam banjir diantaranya Desa Grojogan, Desa Sonopatik, Desa Bulu, Kecamatan Berbek, Desa Sekar Putih, Desa Gandu, Desa Giri Rejo, Desa Bagor, Kecamatan Bagor, Desa Banaran, Kecamatan Pace, Desa Mancon, Desa Ngudikan, Kecamatan Wilangan, serta Kelurahan Mangundikaran, Kelurahan Kauman, dan Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan Nganjuk, serta Desa Sumengko, Kecamatan Sukomoro.

Banjir bervariasi mulai dari ketinggian 30 sentimeter hingga 140 sentimeter, menurut warga banjir mulai datang ketika tengah malam. Banjir mulai memasuki pemukiman warga, dan mulai surut pada rabu pagi. Hampir setiap musim penghujan, di beberapa wilayah ini menjadi daerah langganan banjir, yang disebabkan luapan air dari sungai yang disebabkan hujan deras.

Meski menggenangi beberapa desa, belum ada laporan rumah rusak akibat terjangan banjir kali ini. Hingga saat ini tim relawan dari unsur BPBD, Tagana, Kepolisian dan TNI masih melakukan pendataan dan pemantauan di sejumlah wilayah, serta membantu masyarakat membersihkan sisa-sisa material banjir.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *