Ratusan Siswa Ikuti Permainan Baca Buku

Ratusan Siswa Ikuti Permainan Baca Buku

Tulungagung, Bayu TV Nganjuk – Ratusan siswa sekolah dasar di Tulungagung, mengikuti peringatan Hari Buku Sedunia, dimana siswa diajak untuk bermain sebuah permainan yang petunjuknya terdapat dalam buku. Mereka harus membacanya terlebih dahulu untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Selain untuk meningkatkan minat membaca anak, acara ini juga merupakan salah satu upaya memfasilitasi anak untuk memperoleh akses buku bacaan.

Sekitar 900 orang siswa kelas 1 hingga 3 sekolah dasar di Kecamatan Tanggunggunung Tulungagung, mengikuti peringatan hari buku sedunia yang digelar oleh Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, YPPI. Selain meningkatkan minat baca pada siswa, peringatan hari buku sedunia ini merupakan salah satu upaya mendekatkan akses buku bacaan ke siswa. Dalam peringatan hari buku sedunia ini, siswa di ajak untuk bermain beberapa permainan yang telah disediakan panitia. Petunjuk permainan tersebut terdapat di buku yang harus mereka baca terlebih dahulu untuk bisa menjawab beberapa petunjuk dalam permainan ini. Siswa dengan penuh semangat mengikuti setiap petunjuk dalam permainan dan harus dikerjakan secara kelompok.

Pihak YPPI sendiri sengaja memilih wilayah ini karena selama ini belum terakses oleh perpustakaan pemkab setempat. Maraknya permainan menggunakan gadget yang kurang terkontrol oleh orang tua menjadi salah satu penyebab rendahnya minat baca anak. Selain itu belum adanya akses untuk mendapatkan buku bacaan di wilayah tersebut juga berpengaruh terhadap minat baca. Melalui peringatan hari buku sedunia diharapkan minat baca di kalangan masyarakat terutama anak-anak dapat turut meningkat.

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *