Ratusan Umat Hindu Upacara Tawur Agung Kasanga

Ratusan Umat Hindu Upacara Tawur Agung Kasanga

Blitar, Bayu TV Nganjuk – Ratusan umat hindu di Blitar menggelar upacara Tawur Agung Kasanga untuk menyambut Hari Raya Nyepi 1941 Saka. Upacara ini digelar selain bentuk pengorbanan suci manusia kepada Sang Yang Widhi yang telah memberikan anugerah hidup, juga sebagai bentuk pengharapan agar nanti dalam pelaksaan pemilu berjalan dengan lancar dan damai.

Bertempat di Lapangan Tangkil Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar, digelar upacara Tawur Agung Kesanga dan pawai ogoh-ogoh yang diikuti oleh ratusan umat hindu. Mereka juga membawa berbagai macam ogoh-ogoh raksasa yang menggambarkan tokoh-tokoh jahat. Semua ogoh-ogoh ini sebagai lambang hawa nafsu dan energi negatif yang selalu merusak tatanan hidup manusia hingga dapat mengakibatkan peperangan, bencana alam yang akhirnya menyengsarakan kehidupan manusia.

Seperti raksasa yang sedang memegang uang mainan. Hal ini sebagai simbol jika nanti manusia hanya mementingkan urusan dunia tanpa memikirkan kepentingan orang lain, maka semua jalan akan ditempuh termasuk korupsi uang rakyat.

Upacara ini bertujuan untuk membersihkan diri sebelum melakukan brata nyepi yang akan dimulai pada nanti malam hingga esok hari. Dengan upacara tawur kasanga ini, diharapkan pelaksanaan pemilu presiden dan legislatif april nanti bisa berjalan dengan lancar, damai dan tidak ada pertikaian.

Tawur Kesanga sendiri berarti upacara Bhuta Yadnya yang memiliki arti pembersihan diri dari segala bentuk nafsu, angkara murka yang selama ini masih melekat di dalam diri manusia bisa sirna dan kembali dalam kesucian batin. Selain itu juga sebagai bentuk penyucian bumi, karena bumi merupakan tempat umat manusia hidup, diharapkan manusia mampu menjaga bumi beserta ekosistemnya agar terhindar dari segala marabahaya.

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *