Ribuan Siswa SD Gelar Tari Penthul Marucul

Ribuan Siswa SD Gelar Tari Penthul MaruculBayu TV Nganjuk – Sebanyak seribu dua ratus empat belas orang siswa sekolah dasar se kabupaten kediri, minggu siang menggelar tari tradisonal penthul marucul dalam rangka menyemarakanan hari jadi kabupaten kediri ke 1214. Tari topeng kolosal ini digelar di kasawan monumen simpang lima gumul yang mencerikatakan penyamaran panji yang turun ke pelosok wilayah kerajaan untuk melihat kondisi masyarakat. Dalam penyamaranya panji bisa mengetahui kondisi dan mendengar keluh kesah  masyarakat sehingga dapat mencari solusi agar masyarakat hidup sejahtera  dan hidup damai. Acara ini digelar selain untuk melestarikan seni budaya lokal, juga mengenalkan potensi daerah dan menarik wisatawan datang ke kabupaten kediri.  Acara tari kolosal ini juga dipenuhi oleh warga kediri, dengan antusias hadir dan melihat langsung tari kolosal yang melibatkan siswa sekolah dasar tersebut. Dalam rangkaian tari kolosal ini juga dirangkai dengan tari gambyongan doko dan tari kucingan kediren.

Ribuan Siswa Sd Gelar Tari Penthul Marucul

Ribuan Siswa Sd Gelar Tari Penthul Marucul

Ribuan Siswa Sd Gelar Tari Penthul Marucul

Acara ditutup dengan prosesi hari jadi dengan serangkaian pembacaan prasasti harinjing yang menceritakan penghargaan raja kepada pendeta yang berhasil membuat saluran sungai bernama Harinjing.  Atas jasa tersebut pada 11 bulan caitra Tahun 726 saka raja memberikan hak sima atau tanah yang dilindungi dari pajak kepada pendeta di daerah Culanggi.

Dari kediri tim liputan bayu tv melaporkan.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *