Ribuan TKI Terancam Tidak Memiliki Hak Suara

Ribuan TKI Terancam Tidak Memiliki Hak Suara

Bayu TV Nganjuk – Ribuan warga Kabupaten Tulungagung, terancam tidak dapat menggunkan hak pilihnya, dalam pilkada serentak tahun 2018, baik pemilihan Gubernur maupun pemilihan Bupati. Dikarenakan dari hasil koordinasi dengan dispendukcapil setempat dari total daftar pemilih sementara 21.741 pemilih non e-ktp 13.143 pemilih yang belum melakukan perekaman e-ktp dan 5000 diantaranya TKI dan warga bekerja di luar daerah.

Pasca penetapan dps untuk pilkada serentak 2018 dan tahapan tanggapan dari masyarakat, untuk melakukan pencermatan data pemilih agar warga yang sudah memenuhi persyaratan sudah terdaftar atau belum, pihak kpu Tulungagung, mengumpulkan seluruh ppk yang tersebar di 19 kecamatan untuk mendapatkan bimbingan teknis penyusunan dps perbaikan sebelum dilakukan penetapan daftar pemilih tetap. dari tanggapan masyarakat terkait pemuktakhiran dps tersebut agar kpu Tulungagung menindaklanjuti sejumlah permasalahan diantaranya pemilih pemula, pemilih yang meninggal dunia, pemilih tidak memenuhi syarat serta pemilih yang belum melakukan perekaman e-ktp oleh disependukcapil. Karena jika tidak segera ditindaklanjuti, maka ribuan pemilih potensial tersebut akan terancam tidak dapat menyalurkan hak pilihnya.

Dari hasil daftar pemilih sementara hasil pemutahiran, DPSHP, di tingkat desa hingga kabupaten masih banyak ditemukan warga Tulungagung yang belum melakukan perekaman e-ktp yakni 21.741 jiwa. Namun setelah dilakukan pencocokan dan penelitian oleh dispendukcapil setempat sebanyak 13.143 pemilih memang belum melakukan peremakan e-ktp. Sebanyak 13.143 pemilih tersebut 5000 diantaranya merupakan warga yang bekerja di luar daerah dan menjadi TKI diberbagai negara belum melakukan perekaman e-ktp. Dari ribuan TKI dan warga yang bekerja di luar daerah tersebut, kpu Tulungagung berharap agar dispendukcapil melakukan jemput bola perekaman e-ktp. Jika pihak dispendukcapil tidak segera melakukan perekaman dan memberikan surat keterangan atau suket maka kpu akan mencoret dari daftar pemilih pilkada serentak 2018. Dari tulungagung tim liputan bayu tv melaporkan.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *