Sambut Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Pura Kerta Buwana Giri Wilis Gelar Upacara Melasti

Sambut Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Pura Kerta Buwana Giri Wilis Gelar Upacara Melasti

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Ratusan umat Hindu Pura Kerta Buwana Giri Wilis memadati kawasan Wisata Rorokuning di Desa Bajulan Kecamatan Loceret Nganjuk, untuk menggelar upacara ritual melasti, upacara ini, digelar untuk menyambut hari raya nyepi tahun saka 1941. Meski hujan gerimis mengguyur Telaga Rorokuning yang terletak di lereng wilis, tak menyurutkan semangat umat hindu untuk beribadah.

Sejak pagi, ratusan umat hindu mulai berdatangan, dengan beragam sesaji berupa hasil bumi seperti beras, buah-buahan dan hewan. Aneka sesaji tersebut selanjutnya diletakan di altar, sebagai wujud rasa syukur serta simbol kepasrahan diri pada tuhan yang telah memberi berkah serta kasih sayang pada umat manusia. Dengan berpakaian serba putih, dengan hidmat, warga hindu ini mengikuti prosesi upacara melasti.

Upacara diawali dengan dibunyikannya lonceng oleh pendeta hindu, doa-doa serta kidung puji pujian pun bergema. Usai pembacaan doa setiap kepala jemaah diciprati air oleh sang pendeta, para pemeluk hindu meyakini, bahwa air yang telah didoakan oleh pendeta tersebut dapat membersihkan dosa-dosa yang dilakukan semasa hidup. Mangku Damri, pemangku pura wilis menjelaskan, upacara melasti, dapat didefinisikan sebagai Nganyudang Malaning Gumi Ngamet Tirta Amerta, yang berarti menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Dalam kepercayaan hindu, sumber air seperti danau dan laut dianggap sebagai asal air kehidupan. Selain itu, dalam upcara ritual melasti ini, diharapkan dapat memberikan kedamaian sluruh umat dalam menyambut pesta demokrasi pilpres dan pileg yang akan datang.

Upacara ritual melasti ini sendiri, dilakukan dengan menggelar arak-arakan patung dewa leluhur sejauh sekitar 5 kilometer, doa bersama, hingga melarung aneka sesaji hasil bumi dan ternak,di sumber mata air Gunung Wilis yang ada di Air Terjun Roro Kuning, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret Nganjuk.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *