Seni Karawitan Uyon Uyon Yang Hampir Dilupakan

Seni Karawitan Uyon Uyon Yang Hampir Dilupakan

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Seni karawitan uyon-uyon adalah salah satu dari banyak sekian kesenian leluhur yang berasal dari Pulau Jawa, namun sayang, saat ini seni karawitan uyon-uyon mulai terlupakan, banyak yang tidak mengenal kesenian tersebut, hal ini membuat Karyo tokoh masyarakat asal Nganjuk, mulai memperkenalkan dan diperdengarkan kembali seni karawitan uyon-uyon di Desa Trayang Ngronggot Kabupaten Nganjuk, guna melestarikan tradisi dan budaya Jawa agar tidak terlupakan.

Mungkin diantara kita sudah tau dengan kesenian asli dari Jawa yang satu ini, tetapi banyak juga yang belum tau dengan kesenian ini, seni karawitan uyon-uyon adalah salah satu dari sekian banyak kesenian luhur yang berasal dari pulau jawa khususnya.

Berbagai unsur hadir di dalam seni karawitan uyon-uyon, perpaduan harmonis dari gamelan dan merdunya suara sinden menyatu membentuk alunan indah, biasanya kesenian satu ini ditampilkan dalam acara-besar Jawa seperti pernikahan dan bersih desa, gamelan merupakan pengiring utama dalam kesenian ini, gamelan yang digunakan di dalam uyon-uyon merupakan gamelan lengkap dengan laras pelog dan slendro.

Alat musik tradisional jawa ini akan dimainkan oleh sekelompok orang yang disebut pengrawit atau nayaga, sinden atau waranggono juga merupakan unsur penting dalam kesenian ini.

Dalam kesenian uyon-uyon biasanya terdapat sinden dengan jumlah 2-8 orang wanita yang menggunakan kebaya, kain batik dan sanggul tradisional jawa. Biasanya sinden duduk berderet di bagian depan panggung menyanyikan gending-gending jawa klasik, namun seiring perkembangan jaman kini dalam kesenian uyon-uyon juga menghadirkan tembang-tembang yang lebih ringan dan bisa dinikmati oleh berbagai kalangan usia.

Namun sayang, saat ini seni karawitan uyon-uyon mulai terlupakan, banyak yang tidak mengenal kesenian tersebut, prihatin melihat orang lebih bangga mendengar dan menyanyikan lagu-lagu yang berasal dari luar, sudah seharusnya kesenian leluhur tanah jawa ini kita lestarikan kembali, guna melestarikan tradisi dan budaya jawa agar tidak terlupakan.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *