Sidak Try Out Unbk Banyak Siswa Gagal Ujian

Sidak Try Out Unbk Banyak Siswa Gagal Ujian

Kediri, Bayu TV Nganjuk – Pelaksanaan Try Out Ujian Nasional berbasis komputer atau UNBK tingkat SMA dan SMK di Kota Kediri, cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Kediri melakukan sidak ke sejumlah sekolah penyelenggara ujian. Hasilnya, petugas menemukan banyak siswa gagal ujian karena tidak melakukan log out pada aplikasi usai mengerjakan soal serta minimnya pengawasan menggunakan kamera pemantau CCTV.

Sidak dilakukan Cabdin Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Kediri pada Sekolah Menengah Kejuruan Pawiyatan Dhaha 2 Kota Kediri. Dalam sidak ini petugas melihat pengawasan ujian melalui CCTV di ruang sekretariat dan pelaksanaan ujian di ruang laboratorium. Sidak dilakukan untuk melihat kesiapan sekolah dalam menyelenggarakan ujian dari sisi aplikasi, sarana infrastruktur, proktor dan akademik siswa. Namun masih banyak siswa yang gagal ujian, karena tidak melakukan log out pada aplikasi usai mengerjakan soal ujian sehingga jawaban tidak terkirim pada sever. Untuk mengantisipasi kesalahan terulang sewaktu UNBK yang akan dimulai 5 maret 2019 mendatang, sekolah diwajibkan membuat pengumuman peringatan 15 menit sebelum waktu ujian berakhir. Selain itu sekolah juga diminta melakukan pengawasan ekstra karena, 75 persen lembaga belum memiliki kamera CCTV untuk mengawasi ujian. Untuk diketahui Try Out UNBK digelar Cabdin Pendidikan Provinsi Jatim di Kediri selama tiga hari dimulai pada tanggal 18, 19 dan 20 februari 2019.

Peserta Try Out sebanyak 4 ribuan siswa sesuai data peserta UNBK yang tersebar pada 74 lembaga sekolah SMA dan SMK baik negeri maupun swasta. Tahun ini setiap sekolah diwajibkan meningkatkan target pencapain nilai ujian nasional sebesar 5 koma 5 .

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *