Struktur Purbakala Kembali Ditemukan Warga

Struktur Purbakala Kembali Ditemukan Warga

Bayu TV Nganjuk – Keberadaan Kediri sebagai daerah eks kerajaan menjadi catatan sejarah, seiring banyaknya ditemukan situs maupun candi peninggalan nenek moyang. Kini struktur cagar budaya kembali ditemukan tak jauh dari situs tondowongso namun cukup ironis kondisinya berada di sekitar galian pasir.

Struktur cagar budaya kembali ditemukan beberapa kilometer dari arah situs Tondowongso dan letaknya berada di lahan Zainudin perbatasan Dusun Wonorejo Desa Semanding Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Keberadaan peninggalan purbakala itu pertama ditemukan setelah ada penggalian untuk dibuka lahan pertanian baru. Ironisnya, di sekitar kawasan tersebut merupakan lokasi galian tanah uruk atau galian c. Di lokasi ini banyak batu yang berukuran besar dari bentuk dan bahannya merupakan benda peninggalan purbakala. Selain batu bata kuno, di lahan itu juga ditemukan dua batu octagon dan satu batu balok yang dihias sulur khas kediri.

Ukuran batu bata yang ditemukan dengan rata-rata berukuran panjang 40 centimeter lebar 20 centimeter dan tebal 10 centimeter tersebut diperkirakan lebih tua dibanding peninggalan kerajaan majapahit. Pihak dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten kediri, mengatakan, ada kemungkinan struktur cagar budaya itu masih satu masa dengan situs adan-adan dan komplek Candi Todowongso di Desa Gayam Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.

Sejauh ini pemerintah daerah belum memberikan lokasi batasan temuan struktur purbakala tersebut, karena proses penelitian belum dilakukan. Dari kediri tim liputan bayu tv melaporkan.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *