Tanah Bergerak 3 Rumah Hancur Dan Harus Pindah Rumah

Tanah Bergerak 3 Rumah Hancur Dan Harus Pindah Rumah

Tulungagung, Bayu TV Nganjuk – Rumah tempat tinggal di Tulungagung, hancur akibat tanah bergerak, sehigga 3 kepala keluarga terpaksa pindah rumah. Sementara belasan keluarga lain tetap tinggal di lokasi rawan tersebut karena tidak punya tempat tinggal lain.

Setiap kali musim penghujan belasan keluarga yang tinggal di Dusun Purwodadi Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Tulungagung, merasa kawatir karena struktur tanah lokasi tempat tinggal mereka labil dan sewaktu-waktu terjadi bencana. Sedikitnya terdapat 17 rumah warga yang rusak, dimana 5 diantaranya mengalami kerusakan parah dan hancur. Kondisi tersebut memaksa 3 kepala keluarga pindah mencari tempat tinggal baru, dimana 2 keluarga telah pindah beberapa bulan lalu, sedangkan 1 keluarga lain baru meninggalkan rumahnya beberapa hari lalu. Keluarga ini mengungsi ketempat kerabatnya yang lebih aman pasca terjadi pergerakan tanah pada pekan lalu hingga menyebabkan konstruksi bangunan rumahnya rusak parah. Meski rumah mereka tidak lagi layak huni, namun sebagian warga nekat bertahan tinggal di rumahnya. Mereka mengaku tidak punya pilihan lain karena tidak ada tempat lain untuk ditempati. Warga ini hanya akan mengungsi sementara, saat terjadi hujan deras yang berpotensi memicu pergerakan tanah.

Pergerakan tanah di lokasi ini tidak hanya kali ini saja tahun 2001 silam tanah gerak di kawasan tersebut memaksa belasan keluarga pindah tempat tinggal. Pergerakan tanah di lokasi ini sempat berhenti saat musim kemarau namun saat hujan deras tanah akan kembali retak dan bergeser. Retakan tanah yang terjadi di lokasi ini sepanjang kurang lebih 1 kilometer.

Meski kasus pergerakan tanah ini telah terjadi sejak belasan tahun silam dan kejadian terus berulang, namun belum ada langkah kongkrit dari Pemerintah untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi warganya.

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *