Tim Ahli Teliti Temuan Fosil Di Goa Tenggar

Tim Ahli Teliti Temuan Fosil Di Goa Tenggar

Bayu TV Nganjuk – Belasan fosil yang di duga berasal dari era prasejarah, kembali ditemukan di Tulungagung, yang berada di Goa Tenggar, menarik perhatian sejumlah ilmuwan dari Universitas Airlangga Surabaya untuk melakukan penelitian. Mereka menilai temuan fosil ini dapat menjadi sumber informasi penting untuk mengetahui kehidupan masa prasejarah di indonesia.

Sedikitnya 5 orang ilmuwan dari UNAIR Surabaya, kembali melakukan penelitian di Goa Tenggar di desa Tenggarejo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung. Penelitian tersebut merupakan tindak lanjut atas penemuan belasan fosil tulang hewan bertulang belakang di area goa tersebut, yang di duga berasal dari masa prasejarah. Proses pengumpulan data tahap awal untuk pengembangan goa tenggar sebagai kawasan wisata edukatif ini melibatkan banyak ahli diantaranya ahli paleoantropologi, arkeologi, geologi dan ahli bioarkeologi.

Tim Ahli Teliti Temuan Fosil Di Goa Tenggar

Tim Ahli Teliti Temuan Fosil Di Goa Tenggar

Tim Ahli Teliti Temuan Fosil Di Goa Tenggar

Para ahli tersebut dilibatkan untuk meneliti proses terbentuknya goa tenggar hingga merekontruksi kehidupan apa saja yang pernah ada di goa tersebut, termasuk dugaan pernah menjadi tempat hunian manusia purba. Selain belasan fosil yang telah berhasil ditemukan di dalam goa yang berada dikawasan perbukitan kars, di wilayah selatan Kabupaten Tulungagung ini masih banyak fosil-fosil yang belum diangkat. Fosil-fosil tersebut tertanam di sepanjang dinding dan lantai goa. Fosil yang ada kebanyakan merupakan fosil tulang hewan-hewan besar seperti kerbau, dan rusa.

Dalam penelitian tahap awal ini anggota tim melakukan pemetaan serta menandai letak fosil-fosil di dalam goa. Untuk selanjutnya fosil-fosil yang berhasil dikumpulkan di bawa ke laboratorium Universitas Airlangga untuk mengetahui usia fosil. Dari tulungagung tim liputan bayu tv melaporkan.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *