Warga Gunung Budeg Gelar Ruwatan Dan Kirab Budaya

Warga Gunung Budeg Gelar Ruwatan Dan Kirab Budaya

Tulungagung, Bayu TV Nganjuk – Warga lereng Gunung Budeg Tulungagung, menggelar kirab budaya yang menyajikan budaya dan adat istiadat disekitar wilayah gunung budeg. Dalam kirab budaya ini di gelar ruwatan nagari dan umbul dungo atau doa bersama agar warga lereng gunung budeg terhindar dari niskala dan bala bencana serta untuk perkokoh rasa Persatuan Bangsa Indonesia.

Diawali dengan Pegelaran Wayang Kulit Ruwatan Nagari, bertempat di salah satu gubug area Wanawisata Gunung Budeg, warga lereng budeg Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat Tulungagung, menggelar kirab budaya dan festival Gunung Budeg. Dalam pegelaran wayang kulit ruwatan ini mengambil lakon Murwakala yakni meruwat kala atau waktu yang tidak pernah berhenti mengancam yang akan menimbulkan bencana dan kesalahan serta kesempatan untuk melakukan perbaikan diri.

Seusai pegelaran wayang kulit, dilanjutkan dengan kenduri umbul dungo yang dipimpin oleh sesepuh desa setempat. Dalam ritual umbul dungo ini juga ditempatkan beberapa pusaka tombak milik warga lereng gunung budeg dan diakhiri dengan purak ambeg ingkung lodho ayam serta nasi gurih. Rangkaian kirab budaya dan festival gunung budeg dialnjutkan mengarak sedekah pohon, sedekah hasil bumi, sedekah rojokoyo dan kirab pusaka tombak dari lereng gunung budeg hingga Balai Desa Tanggung.

Sementara, kegiatan yang digelar ini untuk mengajari warga untuk rajin bersedekah karena dengan bersedekah akan memberikan kemakmuran kita semua. Selain itu juga dengan ruwatan nagari dan umbul dungo berharap warga lereng gunung budeg terhindar dari niskala dan bala bencana serta untuk perkokoh rasa Persatuan Bangsa Indonesia.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *