Waspada! Pasien DBD Di Kabupaten Nganjuk Meningkat

Waspada! Pasien DBD Di Kabupaten Nganjuk Meningkat

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Memasuki musim penghujan kasus demam berdarah di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, meningkat. Demam berdarah tidak hanya menyerang balita dan anak-anak, DBD juga menyerang orang dewasa.

Salah satu rumah sakit yang menangani kasus demam berdarah paling banyak adalah Rumah Sakit Umum Daerah Kertosono, Nganjuk. Di rumah sakit ini dalam bulan januari tahun ini saja tercatat sudah 161 pasien yang harus ditangani akibat demam yang disebabkan nyamuk Aides Agypti. Dari total sebanyak itu 127 merupakan anak-anak sementara orang dewasa yang ikut terserang mencapai 54 orang.

Ferinda Megasari, salah satu orang tua yang merawat anaknya akibat diserang demam berdarah mengaku, awalnya anaknya yang berusia satu tahun mendadak demam tinggi dengan suhu mencapai 39 derajat, setelah di uji lab, diketahui penyebabnya akibat gigitan nyamuk Aides Agypti, setelah dirawat beberapa hari, kini kondisi buah hatinya mulai berangsur membaik.

Nur Kholis, Kepala Dinas Kesehatan mengaku, kasus demam berdarah terkelompok menjadi dua, yakni kasus demam berdarah dengue yang membuat kesehatan penderitanya cukup mengkhwatirkan, dan satu lagi yang suspect dbd atau biasa disebut demam dengue. Hingga tgl 22 januari 2019, tercatat 223 pasien, mulai dari yang suspect DBD hingga DBD, sementara yang terserang demam berdarah dengue, tercatat sebanyak 27 pasien, angka ini meningkat dibanding di bulan yang sama pada tahun 2018 terdapat 25 pasien yang terserang DBD.

Meski terbilang meningkat, Dinas Kesehatan mengaku, statusnya belum masuk ranah kejadian luar biasa. Karena peningkatnnya tidak mencapai dua kali lipat.

Sementara itu untuk menanggulangi menyebarnya kasus ini, Dinas Kesehatan juga berupaya melakukan pengasapan atau fogging, serta mengajak masyarakat untuk hidup bersih, dan melakukan 3m, yakni menguras, menutup, dan mengubur, benda benda yang bisa menjadi sarangnya nyamuk.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *