Wisata Nganjuk : Waduk Kedungsengon

Waduk Kedung Sengon Balonggebang
Waduk Kedung Sengon Foto by : Surya (mbah Rukin)

Bayu TV Nganjuk – Banyak keindahan alam yang ada di kota Nganjuk, salah satunya di Kecamatan Gondang yakni waduk kedungsengon tepatnya di desa Balonggebang. Waduk Kedungsengon ini terletak di utara dusun kawedegan, yang berada di utara desa balonggebang Kecamatan Gondang. Waduk ini cukup unik, karena disana kita dapat melihat keindahan pengunungan yang terdapat di sekelilingnya, dan juga terdapat bendungan yang cukup bagus untuk berfoto di sana.

Wisata Nganjuk : Waduk Kedungsengon

Waduk Kedungsengon Balonggebang Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk

Waduk Kedungsengon adalah salah satu waduk yang ada di Nganjuk, terletak di Desa Balonggebang Kecamatan Gondang, kira-kira 25 kilometer dari tengah kota. Fungsi waduk ini pun sama seperti pada umumnya yakni sebagai alat penampung air dan mencegah banjir, selain itu warga juga menjadikanya sebagai sumber pengairan lahan maupun sawah. Berbicara mengenai waduk kedungsengon, waduk ini dulunya dibangun pada saat kolonial belanda berkuasa di indonesia khususnya di daerah Nganjuk. Nama yang bagus “Kedungsengon” memudahkan orang awam untuk mengingat nama tersebut.

Setiap musim hujan, penduduk di dusun kawedegan biasanya akan patungan untuk membeli bibit ikan air tawar yang nantinya akan di budi dayakan oleh mereka hingga ikan-ikan tersebut tumbuh besar dan siap panen, biasanya warga membuka pemancingan ikan dengan tarif 75 ribu hari pertama, 50 ribu untuk hari kedua dan hari-hari seterusnya tarif akan turun. Setelah pemancingan ikan selesai, sisa ikan yang ada akan di panen dan dibagikan kepada penduduk setempat. Saat musim kemarau tiba tentunya waduk akan kering, biasanya penduduk sekitar menggunakannya sebagai ladang jagung untuk menambah penghasilan para petani di dusun kawedegan.

Menurut penduduk sekitar, waduk ini dulunya pernah mengalami jebol, sehingga membuat dusun kawedegan banjir setinggi 20cm. Setelah kedajian itu warga langsung bergotong royong untuk membuat bendungan pada sisi waduk yang jebol, yang hingga saat ini masih kokoh. Warga berharap kejadian di tahun lampau tersebut tidak terulang kembali.

Wisata Nganjuk : Waduk Kedungsengon

Wisata Nganjuk : Waduk Kedungsengon

Wisata Nganjuk : Waduk Kedungsengon

Wisata Nganjuk : Waduk Kedungsengon

Jalan Menuju ke Waduk Kedungsengon

Bila Anda berminat mengunjungi waduk kedungsengon tersebut sangatlah mudah, jika dari arah Rejoso,  cukup ke timur lurus sekitar 9 km sampai pertigaan desa balonggebang, dan jika dari arah Lengkong ke barat lurus sekitar 10 km sampai pertigaan desa balonggebang, dari sini bisa langsung ke utara mengikuti jalan, sampai rumah paling pojok (utara jalan) dusun kawedegan belok ke utara (kurang lebih 500m). Jalan menuju ke waduk ini dulunya beraspal, tapi seiring berjalannya waktu kini jalan itu sudah rusak karena sering dilalui kendaraan berat.

Wisata Nganjuk : Waduk Kedungsengon

Waduk Kedungsengon mungkin bisa menjadi pilihan kunjungan tempat bagi Anda, hanya sekedar cari angin atau berfoto selfi. Seperti yang sudah admin tulis, di waduk tersebut akan dibuka pemancingan ikan setiap musimnya, jadi sangat cocok untuk Anda yang hobi memancing untuk mencoba tempat yang satu ini.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *