Akad Nikah Dengan Metode Benang Cegah Penyebaran Virus Corona

JOMBANG – Beginilah suasana akad nikad yang dilakukan pasangan pengantin Ifan Saifudin 28 tahun bersama calon istrinya miftahul firdaus 21 tahun, yang berada di rumahnya di desa Sumberjo, Kecamatan Jombang-Jawa timur pada rabu pagi.

Sebelum memasuki mushola tempatnya berucap janji suci, pasangan pengantin inipun diwajibkan menggunakan alat pelindung diri lengkap, seperti masker dan sarung tangan. sebelum menjalani prosesi akad nikah di hari pernikahanya sejumlah tamu dan keluargapun dibatasi hanya boleh terdapat 10 orang didalam ruangan akad nikah.

Tak lupa petugas mewajibkan seluruh tamu undangan untuk membersihkan tangan dengan menggunakan Hand sanitizer dan wajib menggunakan masker. ini dilakukan sebagai bentuk meminimalisir adanya penyebaran virus corona yang saat ini mewabah di sejumlah daerah.

Tak hanya disituas saja metode akad nikahpun dirubah petugas kua dengan menggunakan metode tali benang. Dimana tali ini berfungsi sebagai pengganti jabat tangan untuk mengingatkan calon pengantin agar cepat saat mengucap janji suci pernikahan.

Metode ini sengaja digunakan petugas kua Jombang untuk mencegah adanya penyebaran virus melalui jabat tangan yang biasa dilakukan saat akad nikah. Meski terbilang tak biasa, namun pernikahan dengan metode seperti ini diyakini memiliki keabsahan yang sama seperti akad nikah pada umumnya.

Meski sempat cemas pengantin pria mengaku lega bisa menjalankan akad nikah ditengah mewabahnya virus corona. Meski berlangsung tak biasa, namun pernikahan satu pasangan ini berlasung khidmat. Sejumlah keluarga pengantin mengaku lega bisa menikahkan kerabatnya di tengah larangan pemerintah saat wabah Virus Corona saat ini.

 

Reporter :

Aan Hidayat – JOMBANG,Bayu TV Nganjuk

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *