APD Medis Langka Persatuan Tenaga Medis Rencanakan Produksi APD Mandiri

JOMBANG – Kelangkaan terhadap sejumlah Alat Pelindung Diri atau APD bagi tenaga medis seperti dokter dan perawat yang bekerja mandiri diklinik membuat sejumlah Persatuan Tenaga Medis seperti Ikatan Dokter Indonesia di Jombang – Jawa timur membuat APD secara mandiri.

Ini dilakukan setelah langkanya pasokan apd yang saat ini justru sulit dicari disaat semua tenaga medis diwajibkan menggunakan apd lengkap dalam penangan pasien dengan gejala Covid-19.

Mereka mengaku akan memproduksi APD bekerjasama dengan para penjahit untuk membuat sendiri APD yang butuhkan dari hasil penggalangan dana yang dilakukan para pekerja medis. Sebab, di Kabupaten Jombang sendiri terdapat 200 tempat medis mandiri seperti klinik dan puskemas yang masih minim kelangkapan APD.

Sehingga rawan saat melakukan kontak langsung dengan pasien yang diduga terpapar Virus Covid-19. Dalam sebulan para pekerja medis mandiri ini sedikitnya membutuhkan 400 APD lengkap untuk bisa menangani pasien dengan dugaan terpapar Virus Covid-19.

Sementara ditingkat puskemas hanya terdapat 4 APD lengkap yang hanya bisa digunakan satu kali pemakian ketika menanagi pasien. Para tenaga medis berharap agar pemerintah segera melakukan tindakan terhadap kelangkaan APD bagi pekerja medis praktek mandiri sehingga bisa tercukupi.

 

 

Reporter :

Aan Hidayat – JOMBANG,Bayutv Nganjuk

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *