Benda Purbakala Ditemukan di Kecamatan Pace Nganjuk

Benda Purbakala Ditemukan Di  Kecamatan Pace Nganjuk

NGANJUK, bayutvnganjuk.com – Empat benda obyek diduga cagar budaya atau odcb berada di desa gondang kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk, yang diantaranya berupa sebuah patung unfinished dua batu lumpang dan sebuah lingga patok. Mendapatkan laporan itu petugas dari dinas pariwisata kepemudaan olahraga dan kebudayaan disparporabud kabupaten nganjuk melakukan kunjungan untuk melihat benda-benda tersebut.

Setelah ditinjau di lokasi terdapat sebuah benda yang belum terbentuk secara sempurna berasal dari batu setinggi sekitar 50 centimeter yang merupakan patung unfinished sehingga belum bisa dipastikan bentuk dari patung tersebut, sebab bentuk tangan dan kaki dari patung tersebut belum begitu jelas. selain itu juga terdapat lumpang yang terbuat dari batu alam yang keberadaannya sebagian badan lumpang masih terpendam ditanah, sehingga diperkirakan lebih tua dibandingkan dengan lumpang lainnya dalam satu lokasi tersebut sebab lumpang lebih berbentuk sehingga teknologinya lebih maju.
Benda Purbakala Ditemukan di Kecamatan Pace NganjukSelain itu di desa ini juga terdapat lingga patok yang digunakan pembatas suatu wilayah pada masa lampau yang terbuat dari batu. menurut warga Parjo mengatakan, adanya patung tersebut telah ada sejak ia kecil yang oleh warga digunakan saat akan menyelenggarakan hajatan dengan meletakkan sesaj dan ia menceritakan bahwa patung tersebut pernah dipindahkan di suatu tempat namun dipercaya berpindah dengan sendirinya.Benda Purbakala Ditemukan di Kecamatan Pace Nganjuk

Menurut kasi sejarah museum dan kepurbakalaan Disparporabud Nganjuk Min Fuadi, mengatakan dari penemuan sejumlah odcb ini menggambarkan bahwa di lingkungan desa gondang kecamatan pace ini pernah berjalan kehidupan yang cukup panjang. dengan adanya dua batu lumpang tersebut diperkirakan telah ada sejak era majapahit sedangkan terkait dengan patung unfinished jika dilihat memang kondisi bendanya memang belum jadi selain itu jenis batunya merupakan batu endapan vulkanik sehingga kondisi batunya lunak yang apabila terkena hujan maka akan mudah terkikis

dikarenakan benda-benda tersebut dianggap keramat oleh warga maka benda-benda tersebut tidak dibawa ke museum namun hanya dihimbau agar benda-benda purbakala tersebut dirawat sebaik mungkin.

 

Reporter :

Sofian Hanafi  ( Nganjuk )

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *