Berniat Gali Tanah Uruk, Warga Temukan Bangunan Kuno Jaman Kerajaan

Berniat Gali Tanah Uruk, Warga Temukan Bangunan Kuno Jaman Kerajaan

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Berniat menggali tanah dibelakang rumahnya untuk uruk pembangunan rumahnya, seorang warga di Kabupaten Nganjuk menemukan struktur batu bata jaman kerajaan yang berjajar rapi seperti tembok, diduga strutur batu bata tersebut merupakan, tembok petirtan atau tempat pemandian para putri terdahulu.

Bertempat di Dusun Sumbergayu Desa Kelurahan Kecamatan Ngronggot – Kabupaten Nganjuk, di tanah Sri Widyati, inilah di temukan struktur bangunan batu bata jaman kerajaan.

Awalnya warga berniat menggali tanah untuk uruk pembangunan rumah, namun pada saat menggali, sekitar 1 meter warga dihebohkan dengan ditemukanya struktur bangunan dari batu bata yang besar besar dan panjang.

Kasi sejarah, seni tradisi, museum dan kepurbakalaan Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Nganjuk, setelah mendapat laporan dari warga, langsung memeriksa dan mengecek temuan tersebut, dibenarkan bahwa struktur bangunan yang ditemukan warga tersebut merupakan struktur bangunan jaman kerajaan.

Namun sampai saat ini (dari kasi sejarah, seni tradisi, museum dan kepurbakalaan Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Nganjuk, belum mengetahui pada zaman kerajaan apa ataupun tahun berapa bangunan tersebut, melihat struktur batu bata yang lebih besar dan panjang dari pada ukuran batu bata peninggalan yang lain, menurut Aris dari purbakala, struktur bangunan tersebut merupakan tembok petirtan, atau bangunan pemandian para putri pada saat jaman kerajaan dahulu.

Selanjutnya, Dinas Pariwisata Nganjuik, sudah berkordinasi dengan Bpcb Trowulan Mojokerto, untuk meneliti serta mengecek hasil temuan struktur bangunan tersebut, agar diketahui peninggalan pada saat kerajaan apa, serta nantinya dari Dinas Pariwisata (kepurbakalaan ) dengan Bpcb Trowulan Mojokerto, akan terus mengembangan temuan tersebut.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *