Debit Air Sungai Menurun Ratusan Hektar Tanaman Warga, Terancam Gagal Panen

Debit Air Sungai Menurun Ratusan Hektar Tanaman Warga, Terancam Gagal Panen

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Menyikapi Respon aksi demo para petani dari delapan desa di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, para kepala desa  serta warga bersama SATPOL PP kabupaten nganjuk mengecek lokasi sepanjang aliran air sungai yang di persoalkan warga karena debit airnya mulai turun warga meminta menertibkan kebocoran air akibat di jebol serta aktifitas pemompaan air yang bukan waktunya.

warga mersama SATPOL PP menemukan penyusutan debit air sungai selain dikarenakan faktor terhalang material proyek plengsengan sungai juga banyaknya desel di sepanjang sungai.Aksi demo petani dari delapan desa tersebut dipicu tidak mengalirnya air dari bendungan Margomulyo di Desa Banjarejo, Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Hal tersebut berdampak pada terancamnya gagal panen tanaman kedelai jagung maupun padi para petani di delapan desa seluas sekitar 700 hektar di Kecamatan Rejoso.

Suparlan, Selaku Kepala Desa Talang, Rejoso “berharap kontraktor pelaksana proyek untuk menyingkirkan material bangunan yang telah selesai dibangun dan menghambat air sungai”. Di samping itu  warga juga meminta pengurus HIPA (Hibrida Padi) gabungan untuk melakukan penataan pendistribusi air sesuai kuota dan monitoring sesuai kesepakatan. Dan HIPA (Hibrida Padi) diminta menertibkan kebocoran air akibat di jebol serta aktifitas pemompaan air yang bukan waktunya.

Sebelumnya, puluhan warga dari delapan desa di Kecamatan Rejoso menggelar aksi demo di lokasi pembangunan plengsengan sungai di sejumlah titik di Kecamatan Rejoso.

Reporter : Sofian Hanafi (Nganjuk)

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *