Dilanda Kekeringan Belasan Heaktar Tanaman Padi Gagal Panen

Dilanda Kekeringan Belasan Heaktar Tanaman Padi Gagal Panen

Jombang, Bayu TV Nganjuk – Dilanda kekeringan sejak musim tanam, belasan heaktar tanaman padi milik petani di Jombang, Jawa Timur, gagal panen. Akibatnya, sejumlah petani mengaku merugi hingga puluhan juta akibat tak bisa panen maksimal. Kondisi petani, diperparah dengan mengeringnya waduk yang digunakan petani sebagi sumber pengairan tanaman padi dan tembakau.

Belasan heaktar tanaman padi milik petani di Desa Mangunan Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, gagal panen. Ini terjadi, setelah kekeringan melanda desa setempat sejak pada musim tanam dua bulan lalu. Akibatnya, para petani mengaku mengalami kerugian hingga puluhan juta karena minimnya hasil panen padi.

Untuk menghindari kerugian lebih besar, sejumlah petani yang memiliki tanaman padi yang lebih luas, memilih memanen padi lebih awal. Kondisi kekeringan juga diperparah dengan mengeringnya waduk brumbung yang digunakan para petani untuk mengairi tanaman di desa setempat. Bahkan, adanya ikan yang berada di dalam waduk mati, akibat kekeringan yang begitu parah. Salah satu petani mengaku, gagal panennya sejumlah petani padi, akibat panas yang cukup tinggi hingga membakar tanaman padi dan tak bisa tumbuh dengan baik.

Para petani berharap pemerintah segera memberikan solusi dengan membuat pengeboran sumber air untuk bisa di gunakan para petani mengairi pertanian.

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *