Dinas Pertanian Ambil Sampel Darah Ternak Di Sekitar Temuan Limbah B3

Dinas Pertanian Ambil Sampel Darah Ternak Di Sekitar Temuan Limbah B3

Nganjuk, Jawa Timur

Petugas Puskeswan Kecamatan Gondang dikirim oleh Dinas Pertanian Kabupaten nganjuk ke Desa Ngepung, Kecamatan Patihanrowo. Menyusul laporan sejumlah unggas warga mati di sekitar lokasi pembuangan limbah B3 beberapa waktu lalu.

Sedikitnya 25 ekor itik milik warga serta anakan sapi mati sejak 20 hari terakhir yang diduga karena asap limbah  B3. untuk memastikan penyebab kematian ternak warga petugas mengambil sampel darah ternak ini oleh petugas akan dibawa ke Balai Besar Veteriner Wates – Jogyakarta.

Menurut Rully Yemimah, Dokter Puskeswan Kecamatan Gondang laporan awal dari warga ternak meraka mati karena bau dari limbah slag aluminium yang berdekatan dengan kandang. Petugas mengambil sampel darah dan organ ternak untuk mengetahui Residu limbah dalam darah dan organ ternak tersebut.

Sementara itu Sudarno warga Desa Ngepung mengatakan  “Bau menyengat mulai muncul dari limbah B3 jika terkena air hujan, warga berharap limbah tersebut segera diambil karena menggangu pernafasan warga sekitar”.

Hasil uji sampel darah ternak milik warga ini baru akan diketahui setelah 2 minggu mendatang, apakah kematian Terwan salah satu warga Akibat limbah tersebut atau bukan. Sebelumnya warga tidak mengetahui jika limbah yang dibuang mengandung B3, semetara keberadaan limbah tersebut sudah lebih dari dua bulan lalu.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk bersama tim Penegak hukum Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, telah mengambil sampel limbah tersebut untuk diteliti di laboratorium dua minggu lalu untuk memastikan kandungan limbah.

 

Reporter: Sofian Hanafi Nganjuk, Bayu TV Nganjuk

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *