DISABILITAS PERAJIN MINIATUR KAPAL

Tulungagung, Budiono, seorang disabilitas, warga Desa Jarakan, Kecamatan Gondang Tulungagung ini pembuat kerajinan miniatur kapal klasik dari benua amerika di abad 18 dan 19. bambu jenis apus yang didapatkan dari sekitar desanya seharga 15 ribu rupiah per batang setelah di potong per ruas, oleh Budiono, di irat sesuai dengan ukuran perahu yang akan di buat.

Dari iratan bambu yang bagian kulitnya di buang inilah, Budiono memulai mengerjakan rangka dan lambung kapal. Meski saat membuat bodi lambung kapal terlihat sepele atau asal tempel namun tetap memerlukan ketelitian dan perhitungan yang tepat agar nantinya di dapat bentuk yang serasi. seluruh bagian kapal dikerjakan penuh dengan ketelatenan dan ketelitian.

Untuk mengerjakan 1 unit miniatur perahu atau kapal minimal dapat diselesaikan selama 1 minggu atau tergantung tingkat kesulitan jenis kapal yang di buat. Selain  pinisi, kapal layar tradisional khas milik indonesia, budiono, juga membuat Kapal UAP MISSISSIPPI buatan abad 19 dan kapal Fiksi Black Pearl yang ada dalam serial Film Pirates Of The Caribbean dengan setingan abad 18.

Hanya bermodal 100 ribu dan menggunakan peralatan sederhana, kerajinan miniatur kapal yamg di buat budiono ini di benderol dengan harga  bervariasi dari harga 300 ribu hingga 1 juta rupiah per unit tergantung ukuran dan jenis miniatur kapal yang di pesan. Sedangkan pemesan yang datang dari berbagai kota di Jawa timur lebih menyukai memesan Kapal UAP MISSISSIPPI.

Untuk memasarkan kerajinannya, budiono, masih mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut maupun pameran yang biasanya di bawa sertakan oleh temannya sesama perajin, karena budiono, sendiri memiliki ruang gerak yang terbatas.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *