JOMBANG – NIKMAT DAN SEGARNYA TEH DAUN BELUNTAS

JOMBANG, Beginilah aktivitas sejumlah warga di Desa Ngrandu Lor, Kecamatan Peterongan Jombang – Jawa timur. saat memetik daun beluntas di pekarangan rumah mereka masing – masing. Daun beluntas yang biasanya banyak digunakan warga sebagai tanaman pagar rumah ini kini memiliki nilai ekonomis, setelah di kelola di tangan Mochammad Nuhin 45 tahun yang merupakan warga setempat.

Berbekal kreatifitasnya mencoba – coba mengolah daun beluntas menjadi minuman teh. kini Nuhin mulai bisa memperdayakan warga setempat sebagai mitra kerjanya dalam memproduksi daun beluntas. Untuk membuatnya daun beluntas yang sudah dipetik kemudian diambil daunnya dan dijemur. Teknik pengeringan menjadi kunci sukses daun beluntas bisa di jadikan teh segar yang bisa di nikmati saat musim hujan.

Daun beluntas dikeringkan dengan menggunakan teknik penyinaran yang sedikit namun bisa mengering dengan bantuan tiupan angin. Sebab jika terlalu kering dan terkena sinar matahari secara langsung daun beluntas justru tak bisa digunakan untuk teh karena hilangnya kadar air dalam daun beluntas.

Usai dikeringkan selama dua hari daun beluntas siap dikemas dan disajikan sebagai minuman teh setelah di racik dengan bunga melati sebagai pengharum teh beluntas. Salah satu penikmat teh daun beluntas mengaku mengkonsumsi teh ini mempercayai usai diminum memberikan efek dingin pada lambung.

Pembuat teh daun beluntas mengaku terinspirasi membuat teh karena banyaknya tanaman beluntas di lingkungan sekitarnya yang minim pengelolaan sehingga membuat dirinya mencoba membuat teh hingga laris manis dipasaran. Untuk bisa menikmati 70 gram teh daun beluntas dalam kemasan hanya di hargai 12 ribu rupiah.

Dalam sebulan, Nuhin mengaku bida mengantongi keuntungan hingga 7 juta rupiah dari hasil menjual teh daun beluntas. Sebab tak hanya dalam kota saja, teh daun beluntas kini mulai diminati pecinta teh dari malang hingga Kalimantan.

Reporter :

Aan Hidayat JOMBANG, Bayu TV Nganjuk

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *