Kakak Beradik Usia Lanjut Di Nganjuk Hidup Serumah Dengan Ayam Peliharaan

Kakak Beradik Usia Lanjut Di Nganjuk Hidup Serumah Dengan Ayam Peliharaan
Reporter : Sofyan Hanafi (Nganjuk -Jawa Timur )

Nganjuk, BayuTV Nganjuk – Dua kakak beradik di Kabupaten Nganjuk ini, terpaksa harus hidup bersama denga ayam peliharaannya di rumah berukuran 4 kali 6 meter yang sangat sederhana. untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keduanya hanya mengandalkan bantuan tetangga dan keponakanya,  keterbatasan ekonomi dan kondisi yang sudah renta dua kakak beradik usian lanjut wakiyem 83 tahun dan galiyem 63 tahun warga Desa Sombron, Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk ini terpaksa harus hidup serumah dengan ayam.

Keduanya hanya hidup berdua di rumah sederhana berukuran 4 kali 6 meter, dua perempuan lansia ini hanya menggantungkan hidup dari bantuan tetangga dan saudaranya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. sang kakak Wakiyem hanya bisa berbaring lemas di tempat tidur karena sakit usai terjatuh sedangkan sang adik Galyem masih dapat bekerja memungut sisa hasil panen di sawah.

Sejumlah ayam yang mereka ternak pun terpaksa dimasukan ke dalam rumah lantaran tidak memiliki lahan untuk kandang di dalam rumahnya pun tak terlihat  barang mewah hanya terdapat tumpukan jagung hasil memungut sisa panen di sawah tetangga.

Di rumah yang sempit itu hanya nampak dua sekat kamar tanpa ada dapur dan kamar mandi, karena sejumlah ayam yang mereka ternak berada di dalam rumah  bau kortotan ayampun menjadi Parfum sehari hari untuk mereka.

Waginem anak dari kakak ipar wakiyem menjelaskan kedua neneknya ini sudah hidup di rumahnya tersebut sejak ia kecil. semenjek nenek Wakiyem jatuh sakit dirinyalah yang setiap hari merawat kedua neneknya itu mulai dari memandikan hingga memaksakan makanan dan memcuci.

Waginem mengaku hanya mendapatkan bantuan Kartu Jaminan Kesehatan (KIS) saja itupun untuk nenek wakiyem sedangkan nenek galiyem tidak memili katur jaminan kesehatan.

Karena kondisi ekonomi keluarganya yang pas pasan waginem hanya bisa berharap kepada pemerintah setempat untuk memberikan bantuan waginem berarap kedua neneknya bisa hidup layang di usianya yang sudah lanjut tersebut.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *