Kedelai Mahal, Perajin Tahu Gulung Tikar

Kedelai Mahal Perajin Tahu Gulung Tikar

KEDIRI ( BayuTV Nganjuk) – kenaikan harga kedelai sebagai bahan baku tahu kuning khas kediri sejak 4 bulan terakhir membuat sejumlah perajin tahu sulit bertahan. Bahkan 15 dari 150 anggota UMKM Kelud Mandiri terpaksa berhenti memproduksi sambil menunggu harga kedelai stabil. Kenaikan harga kedelai dirasakan sejak bulan maret lalu naik 9 ribu rupiah dari harga 8 ribu rupiah perkilogramnya. Harga kedelai terus naik hingga menyentuh 11 ribu 500 rupiah perkilogram saat ini membuat perajin khawatir usahanya tutup.

Saat ini perajin yang masih bertahan terpaksa harus memperkecil ukuran dan menaikan harga dari harga 5 ratus rupiah mejadi seribu rupiah perpotong. Selain memperkecil ukuran dan menaikan harga, salah satu pengrajin tahu yang semula mampu memproduksi 600 kilogram kedelai perhari saat ini juga mengurangi produksi hanya 300 kilogram kedelai perhari. Perajin berharap pemerintah bisa menstabilkan harga kedelai sebab meski stok kedelai di pasar ada namun harga terus tak terkendali mengalami kenaikan terus.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *