Kenang Pahlawan, Lintas Komunitas Peduli Sejarah Bersihkan Makam Tan Malaka

Kenang Pahlawan Bersihkan Makam Tan Malaka

KEDIRI Bayu TV Nganjuk – Aksi bakti sosial di sekitar Makam Ibrahim Datuk Tan Malaka ini dilakukan oleh berbagai Lintas Komunitas Peduli Sejarah. Mereka memasang tulisan papan petunjuk arah untuk memudahkan masyarakat dalam menuju makam tan malaka yang berada di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Selain itu, para relawan juga memasang bendera merah putih di jalan kebawah menuju Makam Tan Malaka. Karena tan malaka dianugerahi pahlawan nasional sebagai penghormatan atas jasa-jasanya atas berdirinya Republik Indonesia melalui keputusan presiden RI nomor 53 oleh presiden Soekarno pada 28 maret tahun 1963. Aksi yang dilakukan oleh berbagai lintas komunitas peduli sejarah ini untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa pahlawan nasional ibrahim datuk tan malaka, selain itu aksi ini murni gotong-royong komunitas dan hasil Swadaya komunitas peduli sejarah.

Dulunya ibrahim datuk malaka berjuang untuk mendirikan republik indonesia. Akhir tahun 1948 tan malaka menuju kediri dan membentuk pasukan gerilya pembela proklamasi dengan tujuan sebagai perlawanan total terhadap belanda demi mewujudkan prinsip merdeka 100 persen. Namun upaya tan malaka tidak mendapat dukungan dari TNI, pihak TNI memutuskan mengakui resolusi dewan PBB yang menetapkan jalan perundingan dan menjamin kemerdekaan indonesia serta tidak ingin diganggu oleh suatu perjuangan rakyat sehingga tan malaka di eksekusi di kediri. ibrahim datuk tan malaka sendiri lahir di suliki sumbar tahun 1894 dan wafat atau gugur di kediri pada 21 februari tahun 1949.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *